Lagi-lagi menuai kontroversi, tidak lain dan tidak bukan adalah agensi besar Korea Selatan,
yakni SM Entertainment. Berbicara tentang SM Entertainment, SM Entertainment
merupakan sebuah perusahaan hiburan di Korea Selatan yang didirikan pada tahun 1995 oleh
Lee Soo-man. Perusahaan ini sekarang menjadi salah satu perusahaan terbesar di Korea
Selatan. Ia menaungi banyaknya artis K-Pop, termasuk Girls' Generation.
Pada Minggu, (12/11), Girls' Generation merayakan 100 million views MV "Mr. Mr." di
laman instagram resmi milik Girls' Generation yang di kelola oleh pihak SM Entertainment.
Pada saat awal debut, Girls' Generation beranggotakan 9 orang, yakni Taeyeon, Yoona,
Seohyun, Tiffany, Jessica, Yuri, Sooyoung, Hyoyeon, dan Sunny. Tetapi saat 2014, Jessica
dinyatakan hengkang dari girls group tersebut. Jessica keluar secara tidak baik-baik saja dari
Girls' Generation.
Begitu banyak simpang siur alasan keluarnya Jessica dari Girls'
Generation, ada yang bilang ia dikeluarkan karena lebih memprioritaskan bisnisnya
dibanding group yang telah membesarkan namanya, bahkan ada juga yang bilang ia keluar
karena memilih tinggal di USA bersama dengan bisnisnya juga profesi yang ia cita-citakan
yaitu menjadi designer.
"Mr.Mr." merupakan MV di detik-detik terakhir kebersamaan Jessica dengan member
lainnya. Atas perayaan 100 juta penayangan kemarin, SM Entertainment secara tidak sengaja
memicu perselisihan dengan mengecualikan mantan anggota yakni Jessica dalam perayaan.
Dari sanalah banyak timbul reaksi terutama penggemar Girls' Generation atau biasa disebut
SONE. Komentar-komentar pedaspun bermunculan di kolom komentar postingan resmi
perayaan MV tersebut. "Keadilan untuk Jessica Jung, bukankah lebih baik menulis prestasi
dari judulnya saja? Sehingga tidak bertingkah seolah Jessica tidak ada disana?" komentar
tersebut muncul karena di postingan perayaan 100 juta penonton hanya menampilkan 8
member Girls' Generation, padahal saat MV "Mr.Mr" dirilis pada Februari 2014, Jessica
masih menjadi member Girls' Generation.
Menurut penggemar, Jessica juga turut berkontribusi dalam peningkatan penayangan MV "Mr.Mr" yang hingga kini mencapai 100
juta penonton di Youtube. Dengan tidak menyertakannya Jessica dalam postingan kemarin,
penggemar menilai bahwa SM Entertainment tidak menghargai Jessica yang ikut andil dalam
membesarkan nama Girls' Generation. Dengan dibuatnya postingan tersebut, meyakinkan
seolah-olah Jessica tidak pernah ada.
Walau banyak yang tidak setuju dengan apa yang telah dilakukan oleh SM Entertainment,
beberapa penggemar justru mewajari postingan yang mengecualikan Jessica. Penggemar
yang mewajari hal tersebut menilai bahwa SM Entertainment pantas melakukan hal tersebut
karena Jessica Jung sudah bukan lagi anggota Girls' Generation. Dengan demikian, saya
sebagai salah satu fans Girls' Generation berpendapat bahwa hal tersebut merupakan suatu
hal yang wajar mengingat dia bukan lagi member dari Girls' Generation sejak 2014, selain
SM Entertainment berfokus kepada 8 anggota yang tersisa, Jessica Jung juga tidak
memungkinkan untuk diikutsertakan dalam unggahan tersebut karena posisi dia yang sudah
tidak menjadi bagian dari Girls' Generation pun SM Entertainment.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H