Lihat ke Halaman Asli

salma ridwani

Mahasiswa

Mahluk Mitos di Kedalaman Laut

Diperbarui: 27 Januari 2024   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

behance.net

Lautan luas akan cerita dan legenda tentang makhluk mitos yang misterius telah ada sepanjang masa. Beberapa di antaranya dianggap masih bersembunyi di kedalaman samudra yang belum terjamah hingga saat ini.

Salah satu yang paling terkenal adalah Kraken, monster laut raksasa dalam mitologi Nordik yang dianggap sebagai pemangsa kapal yang hidup di dasar lautan. Karena sangat jarang, sulit untuk mengetahui keberadaan Kraken. Ada legenda yang kuat tentang penampakan di masa lalu. Sampai saat ini, banyak orang percaya bahwa monster Kraken masih hidup di lautan.

Selain Kraken, mahluk mitos lainnya yang dipercaya ada hingga kini adalah Siren. Makhluk setengah manusia setengah burung ini konon memiliki suara memesona yang mampu menghipnotis para pelaut. Siren kerap muncul dalam cerita pelayaran kuno sebagai simbol bahaya yang menanti di lautan. Banyak yang percaya sosok anggun Siren masih memangsa korban di atas kapal yang singgah di terumbu karang terpencil.

Leviathan juga termasuk mahluk legenda yang dikaitkan dengan lautan. Digambarkan seperti ular atau naga raksasa, Leviathan dipercaya berenang di lautan dan menimbulkan badai kapanpun dia bangkit. Kepercayaan ini berasal dari mitologi abad pertengahan di Eropa. Hingga kini mitos Leviathan masih mengakar, seiring laporan tentang mahluk misterius di lautan yang muncul dari waktu ke waktu.

yumyucky.net

Cerita tentang makhluk laut mitos ini masih mengherankan, meskipun belum ada bukti nyata. Para pencinta mistik percaya bahwa makhluk seperti Kraken, Siren, dan Leviathan masih ada di dalam samudra, menantang akal sehat manusia hari ini karena kedalaman samudra yang belum terjamah sepenuhnya. Mitos ini mungkin masih ada selama misteri alam lautan belum diselesaikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline