Lihat ke Halaman Asli

salma ridwani

Mahasiswa

North Sea yang Luas, Dahsyat, dan Misterius

Diperbarui: 24 Januari 2024   23:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pinterest.com/zeekzeesh



Haloo, balik lagi sama aku, sudah lama tidak update. Kali ini aku membawakan sebuah topik yang membuat aku penasaran ditambah mempunyai phobia dengan topik yang akan aku bahas kali ini.

Mungkin dari salah satu pembaca disini udah gak asing dengan yang namanya North Sea. Iyapp betul, kerap kali suka muncul di platform tiktok tentang seberapa seramnya laut North Sea, dan kadang kali kita pun bertanya-tanya apa saja isi di dalam laut tersebut. Walau tidak semua misteri di dunia ini bisa diungkap, terkadang rasa penasaran manusia lebih besar dari buih-buih di lautan.  Yuk simak ringkasan tentang North Sea. 

dimana sih, North Sea itu? North Sea itu membentang lebih dari 223.000 mil persegi antara Britania Raya, Skandinavia, dan benua Eropa, North Sea adalah salah satu perairan yang menakjubkan di dunia. Meskipun ombak yang berbahaya dan angin dinginnya mungkin tampak keras dan tidak ramah bagi sebagian orang, namun jika dilihat lebih dekat, North Sea memiliki keindahan yang luar biasa dan kehidupan yang berlimpah yang tersembunyi di bawah permukaannya yang berombak.

Dengan lebih dari 700 instalasi lepas pantai yang digunakan untuk eksplorasi dan eksploitasi minyak dan gas di Laut Utara, sebagian besar terletak di perairan Inggris, Norwegia, dan Denmark. Akibatnya, Laut Utara menjadi salah satu lautan tersibuk di dunia.Semua orang tahu North Sea memiliki cuaca yang sangat tidak menentu. Ada badai dan gelombang besar di sana. Di North Sea, ada ombak setinggi 30 meter. North Sea memiliki banyak ekosistem laut meskipun suhunya dingin. Lebih dari 230 spesies ikan dan mamalia laut, termasuk paus, lumba-lumba, dan anjing laut, hidup di laut. Bangsa Viking telah memanfaatkan North Sea selama berabad-abad. ke-8 tahun Masehi. Di dasar North Sea ada banyak peninggalan bersejarah, seperti harta karun dan kapal karam. North Sea menjadi pusat Angkatan Laut Kerajaan Inggris selama Perang Dunia 2. Laut yang luas ini adalah tempat banyak peristiwa penting dan pertempuran terjadi.

North Sea menyembunyikan lanskap yang menakjubkan di bawah perairannya yang bergejolak. Terukir di bebatuan purba, fyord yang dalam, dan tebing bawah laut yang curam menjadi rumah bagi ekosistem kompleks yang dipenuhi dengan tanaman berwarna-warni, ikan, anjing laut, paus, dan burung yang beradaptasi sempurna dengan lingkungan laut yang penuh tantangan. Topografi dasar laut yang berbatu-batu menyediakan banyak tempat persembunyian bagi makhluk besar dan kecil. Kawanan ikan seperti ikan kod, haddock, dan makarel tumbuh subur di perairan yang kaya nutrisi ini. Paus balin besar seperti paus bungkuk dan paus minke bermigrasi untuk mencari makan tiny fish dan ikan-ikan kecil. Anjing laut pelabuhan dan anjing laut abu-abu berburu di sepanjang garis pantai berbatu dan teluk-teluk kecil yang terpencil. Koloni burung laut yang berjumlah ribuan bersarang di tebing dan pulau-pulau terpencil, mengikuti arah angin dan menyelam ke laut untuk menangkap ikan.

https://id.pinterest.com/pin/945333778011006692/


Banyak hal yang masih misterius tentang lanskap dasar laut yang dinamis yang tersembunyi dari pandangan di bawah ombak Laut Utara, yang menjanjikan penemuan menarik bagi mereka yang cukup berani untuk menjelajahi kedalamannya. Meskipun kedalaman rata-rata hanya 90 meter, Palung Norwegia mencapai kedalaman maksimum 725 meter - lebih dari setengah tinggi Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia. Arus dan pusaran discuss yang kompleks mengaduk nutrisi dari parit yang dalam ke gundukan pasir yang dangkal. Secara historis, hal ini menjadikan North Sea sebagai tempat penangkapan ikan utama, meskipun saat ini penangkapan ikan yang berlebihan mengancam banyak spesies. Bangkai kapal dan artefak yang hilang ditelan waktu juga mengotori dasar laut, menjadikannya surga bagi para penyelam. Mari selami North Sea  yang luas dan perkasa, yang ukuran, kemegahan, dan rahasianya tidak pernah gagal menginspirasi kekaguman. Ini adalah dunia di mana peristiwa bersejarah manusia bersinggungan dengan kekuatan alam yang dahsyat, menciptakan lingkungan yang penuh dengan kehidupan, misteri, dan petualangan bagi mereka yang ingin terjun ke perairannya yang megah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline