Lihat ke Halaman Asli

Salma Nuraeni

Mahasiswa Magister UIN Sunan Kalijaga

Keistimewaan Tradisi Arab Saudi pada Saat Bulan Ramadhan

Diperbarui: 18 Juni 2024   07:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ramadhan adalah bulan yang unik karena merupakan bulan suci yang penuh dengan Rahmat, Magfirah, dan Ampunan. Al-Quran diturunkan pada bulan Ramadhan sebagai petunjuk bagi manusia untuk membedakan mana jalan yang benar dan batil. Selain itu, malam Lailatul Qadr, yang disebutkan dalam Al-Quran dalam surah Al-Qadr, memiliki keistimewaan yang lebih besar daripada seribu bulan. Meskipun tanggal pastinya tidak diketahui, malam ini jatuh pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadan. Beberapa Muslim berusaha untuk tidak melewatkannya dan merayakannya dengan tetap terjaga dan beribadah sepanjang malam. 

Karena keistimewaan bulan Ramadhan, setiap negara memiliki tradisi yang berbeda untuk merayakannya dengan baik. Tradisi Ramadhan unik Arab Saudi termasuk:

 1) Ucapan Selamat secara lisan kepada orang lain; dan

 2) Berkumpul bersama keluarga, teman, dan tetangga.

 3) Mendekorasi Rumah

 4) Meriam Ramadhan

 5) Membangunkan orang untuk sahur dengan memukul gendang 

 6) Membuat dana untuk bersedekah

Enam tradisi ini menarik dan unik karena beberapa di antaranya memiliki kesamaan dengan tradisi Indonesia. Ada kemungkinan bahwa masyarakat Indonesia melakukan tradisi ini karena mengikuti contoh dari Arab Saudi, atau sebaliknya. Ini adalah penjelasan tentang kebiasaan Arab:


Pertama, Ucapan selamat ini dilakukan pada saat memasuki bulan suci ramadhan pada saat itu masyarakat Arab riang gembira dan menyebar kepada seluruh kerajaan, ucapan ini sangat sering dilontarkan kepada tetangganya, kerabatnya dan keluarganya, diantara ucapan-ucapan yang khasnya ia mengucapkan "مبارك عليكم شهر رمضان بارك الله فيكم. والله يسر صيام شهر رمضان هذا بالخير"

Kedua, momen yang ditunggu-tunggu masyarakat Arab adalah berkumpul bersama keluarga, teman, dan tetangga. Saat ini, semua kerabat dan keluarga berkasih sayang dan saling memaafkan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dan mereka juga membawa makanan yang telah disediakan oleh keluarga mereka untuk menjamu teman dan keluarga mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline