Lihat ke Halaman Asli

Salman

Anak Kampung

Hemat Triliunan Rupiah, Hanya dengan Pelatihan yang Tepat

Diperbarui: 6 Juli 2023   18:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

freepik.com

Sebelumnya saya ingin mengajak Anda untuk berpikir dulu melalui pertanyaan: Apa yang paling menentukan dari kualitas pribadi seseorang? jika opsi  jawabannya adalah  a) tingkat pendidikan dan b)karakteristik pribadi.

Kemungkinan besar Anda akan memilih karakteristik pribadi sebagai jawabannya,  karena saya pernah membuat survey semacam ini di grup sosial media, sebagian besar menjawabnya karakteristik, saya pun lebih setuju dengan jawaban tersebut. 

Tapi jika Anda memilih jawaban tingkat pendidikan, maka saya bisa memahami karena jawaban untuk menilai kepribadian seseorang bukanlah jawaban yang eksak. Pada bidang Ilmu sosial, psikologi atau yang berhubungan manusia biasanya tingkat akurasinya berkisar 70-90 persen  dan itu sudah baik.

Istilah "karakteristik" dalam dunia kerja memang  belum cukup untuk menggambarkan kualitas seorang pegawai. Dalam dunia HRD atau pengembangan SDM kualitas pegawai dilihat berdasarkan kompetensi yang dimilikinya.

Nah, Apa itu Kompetensi?

Saya coba merangkum pendapat tiga pakar untuk menjelaskan kompetensi. Menurut David McClelland, seorang psikolog sosial Amerika Serikat, kompetensi terdiri dari tiga faktor utama: 1) Kompetensi teknis, yaitu kemampuan untuk menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien. 2) Kompetensi sosial, yaitu kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dalam sebuah tim dan membangun hubungan yang baik. 3) Kompetensi konseptual, yaitu kemampuan untuk memahami masalah secara holistik dan mencari solusi yang kreatif dan inovatif.

Menurut Richard Boyatzis, seorang profesor di Case Western Reserve University, kompetensi terdiri dari tiga kategori: 1) Kompetensi teknis, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan, seperti kemampuan dalam penggunaannya perangkat lunak atau mesin tertentu. 3) Kompetensi sosial, yaitu kemampuan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain, seperti kemampuan dalam berkomunikasi atau menjalin hubungan interpersonal. 4) Kompetensi pribadi, yaitu kemampuan untuk mengelola diri sendiri, seperti kemampuan dalam memotivasi diri sendiri atau mengelola stres.
 
Menurut Daryl D. Spencer dan Signe M. Spencer, seorang pakar di bidang evaluasi dan pengembangan sumber daya manusia, kompetensi juga terdiri dari tiga kategori: 1) Kompetensi pengetahuan, yaitu pengetahuan atau pemahaman seseorang mengenai topik atau area tertentu, seperti pengetahuan tentang hukum atau teknologi terbaru. 2) Kompetensi keterampilan, yaitu kemampuan yang berkaitan dengan tugas atau pekerjaan tertentu, seperti kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak atau melakukan presentasi. 3) Kompetensi sikap, yaitu karakteristik pribadi yang menentukan cara seseorang menangani situasi tertentu, seperti kemampuan dalam mengambil inisiatif atau bekerja dengan tujuan yang jelas.

Dari ketiga rujukan di atas, Spencer dan Spencer adalah rujukan yang paling populer, setidaknya bagi ASN.  Tapi tidak ada yang menyiratkan langsung bahwa orang yang berpendidikan tinggi adalah orang yang memiliki kompetensi.

Mungkin hanya dari Spencer dan Spencer yang sedikit menyiratkan bahwa pendidikan formal bisa sebagai rujukan untuk meningkatkan kompetensi khususnya dalam hal kompetensi pengetahuan. Namun di era informasi tanpa batas saat ini, pengetahuan bukan lagi eksklusif milik para pelajar atau mahasiswa yang terdaftar secara formal di institusi pendidikan.

Sumber pengetahuan telah terdemokrasi secara luas,  tidak eksklusif hanya bagi mereka yang memiliki modal saja, sekarang  untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi hanya dibutuhkan sedikit usaha yaitu kata kunci (key word). Dengan kata kunci yang tepat, apalagi jika tidak terbatas pada bahasa maka apa yang kita cari dan butuhkan akan kita dapatkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline