Lihat ke Halaman Asli

Komplain: Elevenia Ingkar Janji dan Tidak Profesional (Reportase)

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

141800565991757714

Berbelanja online memang sangat menyenangkan, dimana di era serba canggih seperti saat ini, tak sedikit orang ingin memanfaatkan berbelanja via online. Hal ini dipilih karena dinilai mudah dan instan, meski resikonya tetap tinggi. Namun semua bisa sedikit di minimalisir jika kita bisa memilih situs berbelanja online yang telah memiliki nama yang baik. Kali ini saya ingin membahas mengenai sebuah situs berbelanga online bernama ELEVENIA. Situs yang memiliki slogan "Your online shopping paradise" tak selamanya menjadi "paradise" atau surga berbelanja. Terlebih lagi ketika bersinggung-an dengan masalah hak konsumen.

Baiklah mari kita kerucutkan sedikit, hak konsumen yang dimaksud adalah "refund" atau pengembalian uang yang telah dibayarkan konsumen dikarenakan transaksi dibatalkan oleh pihak situs Elevenia. Namun selain refund, ada beberapa masalah yang juga sangat disayangkan bisa terjadi di Elevenia.

1. Pembatalan sepihak

Sebuah situs belanja online sudah selayaknya memberikan informasi yang cepat setiap kali ada update terbaru perihal transaksi konsumen. Namun apa yang saya hadapi adalah transaksi saya dibatalkan dan tidak ada informasi yang dikirimkan via email dan alat komunikasi lain. Hal ini saya ketahui setelah saya melakukan pembayaran via bank transfer, saat saya melakukan konfirmasi ke pihak customer service Elevenia ternyata mereka menyampaikan bahwa transaksi saya telah dibatalkan. Begitu saya cek ke email saya, sama sekali tidak ada informasi perihal pembatalan tersebut. Padahal untuk bisa bertransaksi, kita harus registrasi dan memasukan data pribadi termasuk email dan nomor telepon. Namun sama sekali tidak dimanfaatkan oleh pihak elevenia kecuali hanya untuk kirim email tentang update produk. Ini benar-benar mengecewakan.

2. Refund tidak kunjung datang

Setelah diketahui transaksi saya dibatalkan maka saya diberitahukan bahwa uang akan dikembalikan 5 hari kerja sejak data diterima oleh pihak finance Elevenia, terhitung sejak tanggal 26 November sampai saat ini tanggal 7 Desember sudah lebih 5 hari kerja. Hal ini berarti bahwa SOP pengembalian uang konsumen oleh pihak Elevenia memang benar benar kacau. Bahkan pihak customer service Elevenia cuma bisa bilang "Harap bersabar ya pak? ditunggu aja 5 hari kerja lagi". Mereka benar-benar mengabaikan kepuasan pelanggan dan bahkan email saya tak dibalas ketika komplain keras dilontarkan. Sungguh sangat memalukan.

Dari dua poin diatas, maka negatif image akan tertanam di benak saya mengenai Elevenia. Dan tidak akan saya rekomendasikan kolega dan teman teman saya untuk berbelanja online disana. Cukup sekali saja!

Semoga tulisan ini sampai ke BOD (Board Of Director) dari Elevenia dan segera memperbaiki pelayanan mereka. Karena perlu diketahui bahwa saya bisa menuntut anda (Elevenia) lebih dari nominal yang harus anda kembalikan kepada saya.

Terima kasih,

Salman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline