Lihat ke Halaman Asli

Tentang Kita dan Anak

Praktisi Pendidikan Karakter Anak

Mengapa Pendidikan Karakter Penting Berapapun Usianya!

Diperbarui: 24 Desember 2023   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mengapa Pendidikan Karakter Penting Berapapun Usianya

Ketika isu pendidikan karakter muncul, muncul kesepakatan mengenai pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk pertumbuhan anak-anak kita. Hanya sedikit yang memperdebatkan pentingnya pendidikan karakter. ini adalah domain yang didukung hampir semua orang.

Namun, terdapat perbedaan pendapat mengenai apakah pendidikan karakter harus dibatasi di rumah atau diintegrasikan ke dalam kurikulum sekolah. Beberapa orang berpendapat bahwa pendidikan karakter harus menjadi urusan orang tua, dengan alasan bahwa mata pelajaran akademis seharusnya hanya menjadi agenda sekolah.

Namun, faksi lain menyatakan bahwa pendidikan karakter layak mendapat tempat dalam kurikulum sekolah, dan perlu diterapkan di rumah.

Sekilas Tentang Pendidikan Karakter

Namun apa sebenarnya pendidikan karakter itu?

Ini mencakup pengajaran sistematis tentang prinsip-prinsip dan standar-standar yang dapat diinternalisasi dan diterapkan oleh individu, tanpa memandang usia, dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun perdebatan mengenai inklusi pendidikan di sekolah masih berlangsung, sebagian besar institusi kini memasukkannya ke dalam kurikulum mereka dalam beberapa bentuk.

“Karakter”, pada intinya, mengacu pada atribut yang membedakan individu atau kelompok. Namun, penentuan “karakteristik yang baik” memicu perdebatan karena norma dan perspektif masyarakat sangat beragam.

Meskipun waktu pengenalan pendidikan karakter memicu perdebatan, manfaat dari upaya ini masih tetap ada. Mari kita lihat beberapa ciri karakter penting yang memerlukan eksplorasi di sekolah:

  1. Optimisme

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline