Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Turnamen Basket SMA

Diperbarui: 13 November 2021   08:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

       Pada waktu duduk dibangku SMA kelas X, saya mengikuti ekstrakulikuler basket yang hanya berbekal rasa ingin tahu dan semangat belajar yang tinggi untuk bermain basket, karena pada saat itu saya belum memiliki kemampuan yang optimal. Awalnya saya hanya sekedar mencoba dan diajak teman sekelas. Pada waktu awal latihan ternyata bukan hanya saya saja yang tidak tahu bermain basket, tetapi masih banyak lagi para pemain pemula yang juga ingin tahu tentang permainan basket.

       Dengan berjalannya waktu,dari minggu ke minggu menjalani latihan, saya masih saja kaku bermain basket dan berfikiran untuk berhenti latihan. Tetapi dengan bantuan teman yang mengajari bermain basket setiap tiga kali dalam seminggu, kemampuan bermain basket saya mulai meningkat dan semakin bersemangat untuk terus menekuni permainan basket.

       Pada kelas XI semester 1 ada event basket antar SMA Se-Madura.pada saat itu sekolah saya (SMAN 2 SUMENEP) mendaftar untuk mengikuti lomba yang diadakan disekolah SMAN 2 SAMPANG. Menjelang 2 minggu sebelum pertandingan, tim basket sekolah saya bersikeras untuk melakukan seleksi dengan dilanjutkan latihan. Setelah proses seleksi selesai, Alhamdulillah saya terpilih untuk menjadi tim basket SMAN2 SUMENEP.

       Saya dengan tim basket bersikeras latihan dan melakukan sparing atau persahabatan dengan lawan sekolah agar nanti ketika tournament tidak gugup dan canggung. Hari demi hari menjalani latihan, kini tiba tim basket kami mendapat jadwal bertanding dengan SMAN 2 PAMEKASAN, tetapi tim basket kami mengalami kekalahan melawan SMAN 2 PAMEKASAN. Namun, kekalahan ini tidak membuat tim kami berkecil hati, justru semakin menambah semangat untuk terus berlatih dan mengasah kemampuan bermain basket.

       Tiga bulan setelah event selesai kini ada event baru yang bertempatan di SMAN 1 SUMENEP. Sekolah tersebut pada event tournament lain mendapat juara 1. Lokasi SMAN 1 SUMENEP bersebelahan dengan sekolah saya. Dengan adanya tournament lagi, tim basket kami lebih keras lagi latihan untuk mendapat juara di kota sendiri. Setelah mendaftar dan mempersiapkan segala persyaratan, tim basket kami bertanding dengan MAN 1 SUMENEP dibabak penyisihan. Tournament kali ini dimenangkan oleh sekolah kami. Pertandingan demi pertandingan lainnya tim basket kami lolos memasuki semi final.

       Pada pertandingan semi final tim basket kami bertanding dengan SMKN 3 PAMEKASAN. Pada saat pertandingan tim basket kami mengalami kekalahan melawan SMAN 3 PAMEKASAN, tim tersebut berhak menuju final. Dua hari kemudian tim basket kami bertanding lagi untuk memperebutkan juara 3. Pada pertandingan ini tim kami melawan tim SMAN 2 PAMEKASAN. Namun dipertandingan kali ini tim kami mengalami kekalahan dengan mendapatkan juara 4.

       Perasaan sedih dan kecewa yang dirasakan oleh tim kami. Tetapi dengan adanya dorongan semangat dari supporter, tim basket kami menjadi lebih bersemangat kembali dan mensyukuri dengan kemenangan yang sudah kami dapatkan. Kami percaya bahwa usaha dan doa tidak pernah menghianati hasil asalkan kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

                                                                                                                          UTS BAHASA INDONESIA

NAMA: SALMAN ALFARIZI

NIM: 2240021015

KELAS: A1

FAKULTAS: KESEHATAN

PRODI: D-IV ANALIS KESEHATAN

UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline