Lihat ke Halaman Asli

Aksi Nyata Konsep dasar Perspektif Sosial Kultural dalam Pembelajaran

Diperbarui: 16 Maret 2024   10:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

No

Alur Pembelajaran         

Pertanyaan Refleksi

1.

Mulai dari diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

saya merasa bahwa perspektif sosio-kultural dalam pendidikan menawarkan sudut pandang yang lebih holistik dan kontekstual dalam memahami proses pembelajaran manusia. Namun, saya juga menyadari bahwa masih banyak hal yang perlu dipelajari dan diperdalam untuk benar-benar memahami implikasi praktis dari perspektif ini dalam desain dan pelaksanaan pendidikan yang efektif.

2.

Eksporasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Dari mempelajari konsep dasar perspektif sosio-kultural dalam pendidikan, saya mendapatkan beberapa pelajaran penting sebagai berikut:

  • Pembelajaran adalah proses sosial yang terjadi melalui interaksi dan kolaborasi dengan orang lain dalam lingkungan sosial dan budaya tertentu. Artinya, proses belajar tidak hanya terjadi secara individual, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh konteks sosial dan budaya di sekitar individu tersebut.
  • Peran utama interaksi sosial dalam pembelajaran, seperti yang dikemukakan oleh Vygotsky melalui konsep Zone of Proximal Development (ZPD). Melalui bimbingan dari orang lain yang lebih kompeten (guru, orangtua, teman sebaya), individu dapat mencapai tingkat pemahaman dan keterampilan yang lebih tinggi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline