Lihat ke Halaman Asli

Masjid di Desa Ngijo, Kabupaten Malang ini Mengurangi Biaya PLN dengan Memasang PLTS

Diperbarui: 28 Juli 2023   16:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penambahan Daya PLTS Masjid KH. Ahmad Dahlan. dokpri

Masjid KH Ahmad Dahlan yang terletak di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang telah terpasang listrik dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Masjid ini telah menggunakan PLTS sejak Agustus 2021, Ide ini dicanangkan oleh tim pengabdian mahasiswa UMM.

Tetapi, daya yang dihasilkan oleh pemasangan PLTS pertama yang dilakukan pada bulan Agustus 2021 itu kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Sehingga perlu dilakukannya upgrade pada PLTS yang telah dimiliki oleh masjid KH Ahmad Dahlan yang berada di perumahan Griya Permata Alam (GPA) tersebut. Dengan Bimbingan DPL Bapak Novendra Setyawan S.T., M.T. PMM Mitra Dosen kelompok 141 dan mahasiswa yang beranggotakan Salman Al-farisi Ramadhani, Aditya Nugraha Putra, Adhitya Ramadhani, Aditya Septiawan Dwi Andika, serta Muhammad Aditya Dzikra ini berjalan dengan lancar.

Masjid KH Ahmad Dahlan melakukan upgrade pada sistem Panel Surya (PLTS) yang sudah ada. Ini merupakan tindakan strategis untuk memastikan bahwa masjid dapat terus menerima sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan untuk menunjang kegiatan-kegiatannya.

Serah Terima kepada ketua Ta'mir dan Masyarakat Sekitar. dokpri

Dengan peningkatan daya PLTS, masjid dapat memanfaatkan alat elektronik seperti AC dan lampu dengan lebih efisien dan tanpa khawatir akan terputus. Peningkatan daya juga akan memungkinkan masjid untuk melakukan kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan sumber energi yang lebih banyak, seperti mengoperasikan peralatan audio dan video.

Upgrade ini menunjukkan komitmen masjid untuk mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan dan berkontribusi pada lingkungan. Dengan memanfaatkan energi surya, masjid dapat mengurangi emisi karbon dan membantu menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

Pemerintah setempat juga sangat mendukung tindakan ini dan berharap bahwa lebih banyak organisasi dan individu akan mengikuti jejak masjid KH Ahmad Dahlan dan memprioritaskan sumber energi terbarukan dalam aktivitas mereka.

Upgrade PLTS di masjid KH Ahmad Dahlan merupakan salah satu contoh bagaimana teknologi dan inovasi dapat digunakan untuk mengatasi masalah lingkungan dan memastikan keberlanjutan lingkungan untuk masa depan."

Penjelasan Ta'mir masjid mengenai pengurangan biaya Listrik Perbulan. dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline