Lihat ke Halaman Asli

SALMAN ALFARITZHY

Mahasiswa UIN SUNAN KALIJAGA

5 Tips Bagaimana Cara Kita Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Diperbarui: 12 Maret 2024   14:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.tribunnewswiki.com/

Bagaimana cara kita untuk menyambut bulan suci Ramadhan? Penasaran? Simak penjelasan berikut

Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu tunggu dalam islam sebagai bulan yang Istimewa karena bulan ini dipenuhi dengan keberkahan dan pahala yang melimpah. Maka dari itu, kita harus betul betul mempersiapkan diri dalam menghadapi bulan suci Ramadhan.

Salah satu persiapan penting untuk menyambut bulan yang penuh Rahmat ini adalah dengan memperdalam ilmu agama, hal ini dapat dilakukan dengan mengikuti kajian, seminar yang berbau Islami, atau bisa juga membaca buku  buku apapun yang berkaitan dengan ajaran agama islam.

Memahami ilmu agama membantu kita untuk memahami makna dan tujuan dibalik setiap ibadah yang dilakukan dibulan suci Ramadhan. Dengan demikian, ibadah yang kita lakukan akan lebih berkualitas dan pahalanya pun akan maksimal.

Bulan yang penuh berkah ini menjadi waktu yang Istimewa bagi umat muslim untuk meningkatkan kualitas ibadah, mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan dapat menggunakan waktu untuk memperbaiki diri secara spiritual maupun moralitas. Dengan persiapan yang baik, kita dapat beribadah dengan khsusk dibulan suci Ramadhan ini secara maksimal untuk mendapatkan Ridha dari Allah SWT.

Puasa adalah Perisai. Puasa melindungi diri dari kejelekan dunia dan siksa akhirat. Banyak rahasia yang terkandung dalam ibadah puasa, baik itu wajib maupun itu sunnah. Diantara rahasiasia yang terkandung dalam puasa adalah dapat menguatkan jiwa, mendidik kemauan, menyehatkan badan, mengenal apa itu nilai kenikmatan, serta merasakan penderitaan orang lain. Selayaknya kita melakukan amalan amalan yang baik saat berpuasa. Dan orang lain dapat merasakan manfaatnya tertentu saja bagi mereka yang melaksanakan dengan Ikhlas dan khusuk, sungguh sungguh, dan istiqamah adalah salah satu titik tekan utama, demi mendapatkan Ridha Allah SWT. Sehingga kita dapat meningkatkan derajat takwa serta menjadi manusia yang fitrah.

A[a saja sih Persiapan di Bulan Ramadhan itu?

Persiapan buat menghadapi bulan suci Ramadhan penting dilakukan oleh umat muslim agar kitab isa beribadah dengan maksimal Ketika berpuasa dan beribadah dengan khusuk.

  • Puasa Sunnah

Mejalankan puasa sunnah di bulan Sya'ban dan Rajab biasa berguna untuk melatih kemampuan menahan lapar dan haus , dengan begitu kita jadi terbiasa untuk berpuasa, sebagai persiapan fisik dan mental untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Ini akan membantu tubuh kita untuk beradaptasi dengan keadaan baru dan melatih kedisiplinan dalam menahan lapar dan dahaga.

Dilansir dari buku Kedahsyatan Puasa oleh Syukron Maksum, berpuasa dibulan Sya'ban merupakan kebiasaan nabi besar kita baginda nabi Muhammad SAW, Rasullulah banyak melakukan sunnah dibulan Sya'ban. Maka dari itu kita dapat melatih diri untuk membiasakan berpuasa, puasa sunnah juga akan mendapatkan ganjaran yaitu pahala yang besar.

  • Perbanyak Dzikir dan Doa
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline