Lihat ke Halaman Asli

Salma Karomah

Mahasiswi

Menanamkan Nilai-nilai Pancasila pada Peserta Didik

Diperbarui: 12 Maret 2021   16:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Dokpri

Setiap aktivitas yang kita lakukan dalam bernegara itu tentunya harus berpedoman pada Pancasila. pancasila merupakan Ideologi Dasar Negara Indonesia, yang dirumuskan pada tanggal 1-22 Juni 1945 pada sidang BPUPKI. Didalam Pancasila tentunya sudah mencakup semua aspek mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.  Hal inilah yang menjadikan nilai-nilai Pancasila sangat penting ditanamkan bagi masyarakat Indonesia terutama  bagi anak-anak dan generasi muda. Karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa dan negara.

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau, bermacam-macam suku bangsa, bahasa dan beraneka ragam budaya (KBBI, 2015). Semua itu dimaknakan dengan ' Berbeda-beda tetapi tetap satu jua ' . Yang di pegang erat oleh Pancasila. Maka sangat pentingnya Pancasila bagi Negara Indonesia, karena jika kita tidak berpegang teguh kepada Pancasila maka Indonesia akan hancur. Dengan kita mencintai diri sendiri, keluarga, masyarakat dan negara. Hal itu secara tidak langsung dapat mempertahankan keutuhan Pancasila. Karena dengan pendidikan pelajaran yang harus kita pelajari setiap hari baik dari buku, lingkungan, teman maupun keluarga agar kita tidak tertinggal seiring berkembangnya zaman.

Seperti yang terkandung dalam Lambang Burung Garuda, nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan dan kita terapkan pada diri kita sendiri, agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Karena dimasa mendatang kitalah yang akan menjadi penerus generasi bangsa.  Maka yang pertama kita menerapkan nilai-nilai Pancasila pada diri kita sendiri, karena segala sesuatu dimulai dari diri kita sendiri. Misalnya :

  1. Membersihkan rumah
  2. Merapihkan tempat tidur
  3. Belajar tepat waktu
  4. Bersikap adil
  5. Bersikap jujur
  6. Konsisten

Selain dari itu, peran keluarga sangat penting dalam membentuk dan mendidik karakter anak, maka perlu ditanamkan pada anak-anak kita sendiri, perilaku-perilaku yang baik seperti : rajin beribadah, sopan santun, bertanggung jawab dan lain sebagainya. Berikut penerapan nilai-nilai Pancasila pada keluarga (Arianto, 2016

  1. Saling menyayangi satu sama lain
  2. Saling menghormati antar sesama keluarga
  3. Sebagai anak harus berbakti kepada orangtua
  4. Berperilaku sopan terhadap keluarga
  5. Sebagai anak harus patuh terhadap perintah orangtua

Dalam Lingkungan sekolah semua siswa. guru merupakan peran penting dalam membentuk dan mendidik karakter siswa disekolah. Berikut penerapan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah :

  1. Mematuhi tata tertib sekolah
  2. Menghormati guru
  3. Saling menghormati antar siswa
  4. Berbuat baik kepada sesama siswa disekolah
  5. Belajar dengan rajin
  6. Memberikan suara dalam pemilihan pengurus OSIS

Dalam Lingkungan sekitar maupun masyarakat kita juga harus taat hukum yang berlaku didalam masyarakat atau negara tersebut. Berikut penerapan  nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan :

  1. Menghormati orang yang lebih tua
  2. Menghormati perbedaan
  3. Memelihara dan menjaga lingkungan
  4. Saling tegur sapa terhadap masyarakat
  5. Saling menyayangi satu sama lain
  6. Berperilaku baik terhadap masyarakat

Penerapan nilai-nilai tersebut dapat kita tanamkan dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya, karena dimassa mendatang kitalah yang menjadi penerus bangasa. Penerapan nilai-nilai Pancasila dapat dimulai pada diri kita sendiri, keluarga, lingkungan sekolah dan masyarakat. Karena dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila kita mampu membentuk karakter pada diri kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline