Lihat ke Halaman Asli

Salma Hanum

Mahasiswa Ilmu Komunikasi President University

Belajar Strategi Public Relation di Dunia Kerja Bersama Bapak Moh. Reiza

Diperbarui: 28 Oktober 2022   21:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memasuki zaman yang semakin maju dan berkembang, tidak dapat lagi menutup mata bahwa semua dapat dilakukan dan dicari secara digital. Begitu pula dalam bidang Public Relation, seorang public relation harus bisa dan pintar dalam mengikuti arus zaman. Pemasaran melalui digital berpotensi lebih luas di era ini. 

Pada hari Kamis, 27 Oktober 2022. Program studi Ilmu Komunikasi President University mengadakan sebuah seminar mengenai strategi Public Relation berjudul "Digital Marketing Strategies and Tactics in Pharmacy Industry". Seminar ini menghadiri pembicara langsung yaitu, Bapak Mohammad Reiza, B.Sc., M.Sc, MDM, selaku Social Media Management Specialist dan Digital Marketing Division PT Kimia Farma.

Seminar ini dibuka  dengan sambutan dari Bapak Mohammad Shihab, S.I.Kom. M.I.Kom. selaku Dosen mata kuliah Strategic Public Relations & Interpersonal Communication. Selanjutnya diikuti oleh penyampaian materi dari Pembicara yaitu Bapak Mohammad Reiza, B.Sc., M.Sc, MDM. Seminar ini mengangkat 3 topik yaitu, Digital Marketing Planning, Digital Marketing Execution dan Digital Marketing M&E. Ketiga topik itu membuat para mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Public Relation dapat lebih mengenal dan belajar bagaimana kehidupan dunia kerja di bidang Public Relation, mulai dari masalah yang sering terjadi, cara menanganinya, workflow dan banyak hal lainnya yang sangat informatif.

Beberapa strategi besar yang digunakan oleh Bapak Mohammad Reiza selaku social media specialist dari Kimia Farma, Tbk. Diantaranya, Menambahkan Akun Media Sosial Merek, Optimasi Platform Media Sosial, Peningkatan Konten & Kualitas Media Sosial, Penjadwalan, Konten Media Sosial, Pemanfaatan, Iklan Media Sosial, Pengembangan Situs dan masih banyak lagi.

Salah satu kegiatan yang paling seru dalam seminar ini, Bapak Moh. Reiza meminta para mahasiswa untuk berpartisipasi langsung dan memberikan tantangan untuk menyusun strategi pemasaran dalam waktu hanya 15 menit dan menggunakan ilmu yang telah disampaikan sebelumnya oleh beliau. Mahasiswa dibagi menjadi 10 kelompok dan mulai berdiskusi untuk strategi pemasaran produk dari Kimia Farma yang telah di tentukan oleh Bapak Moh, Reiza. Setelah itu, setiap kelompoknya maju kedepan dan melakukan presentasi. 

Seminar ini sangat berguna untuk para calon public relation. Dimana Bapak Moh. Reiza banyak memberikan ilmu dan tips untuk dapat bertahan di dunia kerja public relation. Seorang public relation harus mampu menjadi fleksible dan mampu beradaptasi dengan cepat sesuai situasi dan kondisi. Karena komunikasi merupakan hal mendasar bagi perkembangan masyarakat, dan tak perlu dikatakan lagi merupakan pilar penting bagi organisasi untuk menjalankan strategi dan tindakan yang memungkinkan mereka mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. 

Karena seorang public relation akan berada di tengah-tengah komunikasi internal dan komunikasi eksternal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline