Lihat ke Halaman Asli

Salma Firda

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Dalam Rangka Pendalaman Pengetahuan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo Melakukan Company Visit ke Trans 7

Diperbarui: 25 Juli 2024   18:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi penulis

Jakarta - Pada tanggal 16 Juli 2024 mahasiswa Ilmu Komunikasi Semester 6 Universitas Muhammadiyah Ponorogo melakukan company visit atau kunjungan industri ke beberapa industri, salah satunya ke Trans 7. Kunjungan Industri ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapat wawasan secara langsung tentang teknik praktik dalam industri di bidang public relations dan jurnalistik.

Industri media tak hanya meliputi siaran berita dan juga hiburan tetapi juga termasuk kegiatan Public Relation (PR)  didalamnya yang merupakan pondasi dalam membangun citra sebuah perusahaan media. Dalam upaya untuk lebih mengetahui dan memahami bagaimana PR bekerja di dunia media, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Ponorogo berkesempatan mengunjungi Trans 7 yang merupakan salah satu stasiun televisi ternama di Indonesia. Tak hanya melihat cara PR bekerja, tetapi juga untuk merasakan atmosfer di balik layar program televisi yang sudah dikenal masyarakat luas.

Pada waktu pertama kali masuk, mahasiswa dipandu menuju ke dalam studio Trans 7 yang saat itu dijadikan untuk shooting program "Arisan". Didalam studio telah disediakan sejumlah kursi untuk ditempati pada saat pemaparan materi tentang Trans 7. Tim PR Trans 7 pun menyambut hangat kehadiran kami dan siap memaparkan beberapa materi yang akan dijelaskan. Saat berada di studio, kunjungan industri kali ini dimulai dengan pemaparan dari Tim PR Trans 7 mulai dari informasi mengenai profil dan program dari Trans 7 hingga bagaimana peran strategis PR dalam industri media. 

Kemudian setelah sesi pemaparan materi selesai dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan Tim PR. Dari pemaparan yang telah disampaikan, didapatkan pengetahuan mengenai informasi seputar Trans 7 dan bagaimana Tim PR bekerja dalam menjaga hubungan internal dan eksternal baik antara media dan publik serta merancang respons publik yang efektif sebagai upaya pengelolaan reputasi stasiun televisi di era digital ini. 

Dari segi jurnalistiknya, dapat diektahui bahwa dalam bertugas, kerja sama yang baik antara Tim PR dan media dapat menghasilkan informasi akurat dan terpercaya yang akan disampaikan kepada publik.

Dengan adanya kunjungan ke Trans 7 ini, pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman saat berkunjung ke Trans 7 memberikan potret yang lebih jelas dan nyata mengenai bagaimana ilmu komunikasi dapat diimplementasikan di dunia industri media. Tidak hanya itu, tetapi juga menambah wawasan baru tentang public relations dan jurnalistik serta mengetahui urgensi kerja sama antara Tim PR dan jurnalistik dalam membangun citra yang baik bagi sebuah media.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline