Lihat ke Halaman Asli

sally alya febriyani

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa KKN UPI Melaksanakan Kerja Bakti untuk Meningkatkan Kepedulian terhadap Lingkungan

Diperbarui: 8 Agustus 2022   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Tingkat kepedulian untuk hidup sehat dan bagaimana mereka untuk mempertahankan serta memelihara kebersihan lingkungan disekitarnya rata-rata sudah ada, akan tetapi untuk mensosialisasikannya tentu tidak mudah , hal ini dapat diatasi dengan mengadakan program kerja bakti sehingga kebersihan rumah dan kesehatan lingkungan dapat terjaga dalam hal tersebut kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan masih kurang.  Desa Rancakasumba akan dijadikan target dalam Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) ini yaitu mayoritas warga membuang sampah sembarang tempat akibat dari kurangnya fasilitas yang mendukung seperti bak sampah dampaknya lingkungan masyarakat menjadi kotor, disekitaran sungai dijadikan sasaran tempat pembuangan sampah, dari kondisi seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan masyarakat dan bisa menimbulkan penyakit.

Kerbasih ( Kerja bakti dan bersih-bersih ) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk membuat lingkungan menjadinlebih baik dan memperindah lingkungan. 

Biasanya kerja bakti ini dilakukan setiap hari libur oleh masyarakat. Banyak hal-hal yang dilakukan dalam kegiatan kerja bakti yaitu membersihkan sampah-sampah yang berserakan di sepanjang jalan Desa Rancakasumba. 

Sampah merupakan salah satu masalah  utama masyarakat, sampai sekarang sampah belum tertangani secara benar-benar , memang tidak mudah untuk memcahkan masalah tentang sampah. 

Untuk menangani permasalahan ini tidak akan pernah berhasil jika hanya dihadapi oleh sepihak baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah, tradisi untuk membuah sampah ditempat ternyata masih minim dalam masyarakat kita. 

Oleh karena itu, bagi kita yang mengetahui akan pentingnya kebersihan hendaknya memberikan contoh yang baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline