Lihat ke Halaman Asli

Praktis dan Efektif 'GRAB' Masa Kini dalam Teori Masyarakat Jaringan Manuel Castells

Diperbarui: 15 Desember 2022   05:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PRAKTIS DAN EFEKTIF 'GRAB' MASA KINI DALAM TEORI MASYARAKAT JARINGAN MANUEL CASTELLS

Mannuel Castells lahir pada tahun 1942 tepatnya di kota Barcelona dalam sebuah keluarga Francisco Franco. Castells merupakan profesor di Open university of Catalonia dan pakar analisis Urbanisasi. Castell menerbitkan sebuah karya trilogi "The information Age" yang berisi 3 volume yaitu volume 1 "The Rise of Network Society" (1996) menekankan masalah sosial struktural seperti teknologi, ekonomi dan tenaga kerja proses yang meletakkan dasar bagi era informasi'. Volume 2 "The Power of Identity" (1997a) perhatian utama adalah dengan sosiologi yang dari 'masyarakat jaringan', khususnya dengan gerakan sosial yang muncul dalam menanggapi perubahan fundamental dan kemudian mengambil keuntungan dari keadaan baru disajikan. Volume 3 "End of Millenium "(1998) adalah yang paling eksplisit bersangkutan dengan politik, tema utama adalah inklusi sosial dan eksklusi, dan menjadikan pembelajaran pada Uni Soviet untuk masa depan Eropa, munculnya pinggiran Pasifik dan secara signifikan dalam jaringan kejahatan global.

Penulis mengenal teori Mannuel Castells pada jurnal "Review : Masyarakat Jaringan ( Manuel Castells )" yang menyebutkan bahwa argumen inti Castells adalah bahwa 'era informasi' atau 'masyarakat baru' yang telah diwujudkan melalui pembangunan jaringan (Didukung oleh Teknologi informasi dan komunikasi) yang memberikan prioritas untuk information flows. Castells tidak secara gamblang mengusulkan kehadiran sebuah 'masyarakat informasi'. Dalam pandangannya semua masyarakat memiliki informasi yang digunakan, dan istilah 'masyarakat informasi' sedikit memiliki nilai analisis berkaitan dengan era sekarang. Castells mengambarkan masyarakat sekarang ini lebih kepada "Masyarakat Jaringan".

Dalam pemahaman penulis masyarakat jaringan merupakan kemampuan beradaptasi dan merespon pasar global, yang terpenting adalah jaringan. Jaringan terpusat dan hierarkis yang diatur oleh korporasi (perusahaan) yang memberikan produk dan layanan yang efisien dan dengan harga yang menguntungkan. Jaringan yang dibuat dan terus-menerus dibuat ulang oleh para Aktor di dalam atau di luar perusahaan.Masyarakat jaringan merupakan sistem teknologi ekonomi dimana struktur sosial dan aktivitas organisasi mengimplementasikan teknologi informasi dalam proses jaringan jaringan informasi. Struktur sosial :melibatkan masyarakat untuk mengorganisasi rencana dalam hubungan produksi, konsumsi, reproduksi, pengalaman dan kemampuan komunikasi budaya. Adapun beberapa karakteristik utama masyarakat jaringan manuel castell yaitu The Network Enterprise, Cultural consequences, The space of ows, Timeless time, The power of identity, New forms of stratication, The demise of the working class, Meritocracy, The persistence of a propertied class, The origins of informational capitalism, Epochal change.

Contoh nyata dari teori ini seperti aplikasi Grab yang telah menjamur di masyarakat. Hampir semua kebutuhan masyarakat terutama dalam hal transportasi dan jual  beli dapat dipenuhi dengan baik melalui fitur fitur grab. Seperti pada fitur pengantaran atau ojek online, pengantaran dan pembelian makanan, kemudahan dalam mengirim barang dan bahkan pembayaran token listrik. Setiap harinya penulis menggunakan fitur ojek online untuk berangkat ke kampus dan fitur pemesanan makanan, hal tersebut sangat memudahkan pengguna dan efektif dikalangan mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan.

Bagi penulis kemudahan yang dirasakan masyarakat tersebut termasuk dalam teori Mannuel Castells mengenai "Masyarakat Jaringan" sebab masyarakat jaringan merupakan sistem teknologi ekonomi dimana struktur sosial dan aktivitas organisasi mengimplementasikan teknologi informasi dalam proses jaringan jaringan informasi. Struktur sosial :melibatkan masyarakat untuk mengorganisasi rencana dalam hubungan produksi, konsumsi, reproduksi, pengalaman dan kemampuan komunikasi budaya.

REFERENSI

Pramudyo, Gani Nur. (2017) 'Review : Masyarakat Jaringan ( Manuel Castells)'. Gani Pramudyo.web.id

Geoffrey Glass .2015. "Manuel Castells's Network Society" dalam http://www.geof.net/research/2005/castells-network-society diakses pada 14 Desember pukul 19.50 WIB




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline