Lihat ke Halaman Asli

Strategi Meningkatkan Kembali Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di PAUD-IT Az-Zahra Rancamanyar

Diperbarui: 25 September 2021   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Memasuki abad ke 21 ini dunia tengah dihadapkan oleh berbagai permasalahan yang terkait dengan sebuah wabah penyakit yang disebabkan oleh virus. 

Memamahi fenomena dari virus ini yang mengemparkan dunia dengan dilanda suatu penyakit menular secara cepat bernama Covid-19. 

Covid-19 pada dasarnya telah memberikan suatu dampak yang luar biasa. Agar terhindar dari dari Covid-19 pemerintah melakukan sebuah kebijakan terutama dalam bidang pendidikan, yaitu membuat sistem pembelajaran di sekolah dipaksa berubah secara drastis menjadi pembelajaran daring. 

Peran guru dan orang tua sangatlah penting saat pelaksanaan pembelajaran daring, strategi guru dalam menyiapkan model dan media pembelajaran secara daring agar siswa tetap bersemangat meskipun belajar di rumah dan pengawasan orang tua dalam membimbing anak saat belajar daring agar tidak jenuh dan mudah memahami materi yang diberikan.

Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 KKN Gelombang 1 dengan tema membangun desa melalui bidang ekonomi dan pendidikan dalam implementasi MBKM pada masa pandemi Covid-19, salah satunya sebagai kontribusi dalam mengatasi dampak Covid-19. KKN Gelombang 2 dengan tema Mengembangkan Literasi (literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan). 

Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik 2021 dengan tema Mengembangkan Literasi (literasi baca dan tulis, numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan). Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dilakukan oleh mahasiswa yang sudah kontrak kuliah pada matkul KKN ini. 

Program KKN wajib memiliki sasaran, yaitu kepada 2 guru, 10 orang siswa, 10 orang tua siswa dan program KKN pilihan memiliki sasaran, yaitu kelompok masyarakat (Posyandu, Posdaya, PKK, Karang Taruna, Majelis Taklim, dll) dengan jumlah sasaran program minimal 2 orang.

Saya melaksanakan KKN Tematik selama 1 bulan yang dibimbing oleh DPL bernama Suka Prayanta Pandi, S.Pd.,M.Pfis. Lokasi pelaksanaan KKN dilakukan di Paud It Az-Zahra, mulai 6 September 2021, beralamat Jl. Bojong Sayang, Rancamanyar, Kec. Baleendah, Jawa Barat. 

Di Paud It Az-Zahra tentunya sudah melaksanakan pembelajaran secara daring namun Paud It Az-Zahra pun sudah mencoba pembelajaran tatap muka terbatas (PTM), pelaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas ini tentunya berbeda, di Paud It Az-Zahra melakukan pembelajaran tatap muka terbatas di bagi menjadi 2 sesi, sesi pertama pada pukul 09:00-10:00 yang berjumlah 10 siswa dan sesi kedua pada pukul 10:00-11:00 yang berjumlah 10 siswa dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat.

Selama pelaksanaan KKN di Paud It Az-Zahra, saya melakukan pendampingan kepada 2 guru yaitu membantu mendampingi pembelajaran tatap muka terbatas, membuat media pembelajaran yang berkaitan dengan literasi baca dan tulis yaitu berupa buku bacaan, membuat media pembelajaran yang berkaitan dengan literasi numerasi yaitu berupa kereta bilangan angka 1-10 yang nantinya akan ditempel berurutan oleh siswa dan menyiapkan bahan-bahan media pembelajaran literasi sains yaitu gelas plastik, tisu dan pewarna makanan yang nantinya akan menjadi air warna berjalan. Saya juga melakukan membantu administrasi sekolah, membuat absen siswa untuk buku bacaan dan iqra, membuat absen siswa untuk pengumpulan tugas praktik literasi sains, membantu menilai pekerjaan siswa. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline