Lihat ke Halaman Asli

Salfa Yuliana

Mahasiswa

Mengungkap Pentingnya Analisis Kinerja dalam Mengembangkan Potensi Karyawan

Diperbarui: 7 November 2023   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.harmony.co.id/blog/5-cara-analisis-kinerja-keuangan-bisnis/Input sumber gambar

Semua operasional di suatu organisasi atau instansi membutuhkan peran manusia. Meskipun organisasi memiliki sumber daya yang memadai, peran aktif karyawan sangat penting untuk mencapai tujuan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak tantangan baru dan rumit yang dihadapi, sehingga suatu instansi membutuhkan karyawan yang berkualitas. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan karyawan. Dalam era bisnis yang semakin kompetitif saat ini, pengembangan karyawan tidak hanya mencakup memberikan latihan, tetapi juga memastikan bahwa upaya pengembangan menghasilkan hasil yang nyata. 

Analisis kinerja karyawan adalah salah satu alat penting dalam proses ini. Analisis kinerja karyawan merupakan proses evaluasi dan pengukuran kinerja karyawan dalam berbagai aspek pekerjaan mereka. Ini membantu instansi membuat pilihan yang lebih baik akan tindakan yang akan dilakukan. Oleh karena itu, analisis kinerja sangat penting untuk memastikan program pengembangan karyawan memiliki efek positif yang berkelanjutan.

Bagian penting dari pengembangan sumber daya manusia dalam suatu organisasi adalah analisis kinerja karyawan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa analisis kinerja karyawan sangat penting untuk pengembangan karyawan : 

  1. Meningkatkan produktivitas kerja : Peninjauan kinerja karyawan dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja. Perusahaan dapat mengidentifikasi kesalahan dalam program pelatihan karyawan dan meningkatkan keuntungan mereka dengan menilai dan mengukur kinerja setiap karyawan.

  2. Membantu karyawan untuk lebih memahami peran dan tanggung jawabnya : Selama penilaian kinerja, karyawan akan lebih sadar akan kinerja mereka dan kontribusinya pada organisasi. Ini akan mendorong mereka untuk bekerja untuk meningkatkan konservasi.

  3. Membantu organisasi dan individu dalam mencari solusi masalah untuk meningkatkan kinerja : Analisis kebutuhan pelatihan harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari tingkat organisasi, tingkat operasional, dan tingkat individu, agar hasil yang diperoleh maksimal.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengembangan karyawan adalah bagian penting dari keberhasilan perusahaan di era bisnis yang kompetitif. Analisis kinerja adalah alat penting dalam proses ini, karena memungkinkan perusahaan untuk menemukan potensi dan kebutuhan karyawan mereka serta memberikan arahan yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas. Oleh karena itu, analisis kinerja harus dilakukan secara teratur dan menjadi bagian penting dari strategi pengembangan karyawan setiap perusahaan.

Analisis kinerja sangat membantu perusahaan menemukan kekuatan dan kelemahan karyawannya. Ini dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan lebih lanjut. Analisis kinerja juga dapat membantu organisasi memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline