Lihat ke Halaman Asli

Salfa Yuliana

Mahasiswa

Kisah Kepemimpinan Prabowo Subianto: Dari Militer hingga Dunia Politik

Diperbarui: 29 Oktober 2023   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

benakhati.com

Halo Kompasianer! Siapa yang tak kenal dengan sosok Prabowo Subianto? Namanya selalu menjadi sorotan di dunia militer dan politik negara kita. Banyak tugas penting yang telah diembannya di negeri ini, mulai dari bidang perekonomian hingga pergerakan Indonesia.

Lantas, siapa sebenarnya Prabowo Subianto? Bagaimana kisah perjalanan kepemimpinannya dari dunia militer hingga akhirnya terjun ke dunia politik? Mari kita bahas!

Siapa Prabowo Subianto itu? 

Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo lahir pada tanggal 17 Oktober 1951. Ia merupakan anak ketiga dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Masa kecil Prabowo dihabiskan di luar negeri, terutama setelah keterlibatan ayahnya dalam menentang pemerintahan Presiden Soekarno pada Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia di Sumatera Barat. 

Beliau menyelesaikan pendidikan menengahnya di Victoria Institution di Kuala Lumpur, Zurich International School di Swiss, dan The American School di London, Inggris. Setelah Soeharto naik jabatan sebagai presiden, keluarga Soemitro kembali ke Indonesia. Kemudian Prabowo masuk Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Perjalanan Karir Militer Prabowo Subianto

Prabowo Subianto adalah seorang politikus, pengusaha dan perwira tinggi militer di Indonesia. Prabowo menyelesaikan pendidikannya dan lulus Akademi Militer pada tahun 1974, pada tahun yang sama ia memulai karir militernya dan menghabiskan 24 tahun di militer. Sejumlah posisi strategis pernah disandangnya mulai dari

Pada tahun 1976, beliau memulai karier militernya di TNI Angkatan Darat sebagai Letnan Dua setelah lulus dari Akademi Militer di Magelang.

Tahun 1995 hingga 1998 sebagai Panglima Komando Pasukan Khusus.

Dan pada tahun 1998 Prabowo menjabat sebagai Panglima Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline