Lihat ke Halaman Asli

Guru "Sadboy"

Diperbarui: 25 Januari 2023   13:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber: Repository Urindo)

Akhir -akhir ini media massa  sedang dihebohkan dengan kemunculan seorang anak yang viral karena membagikan kisah sedihnya di media sosial . Ya,  Fajar Sad Boy julukan bagi  anak yang viral karena hubungan cinta yang kandas ditengah jalan sehingga membuatnya patah hati.  

Selain di media sosial, media elektronik seperti stasiun televisi juga ikut latah menampilkan dan memberitakan di berbagai program acara TV. Disisi lain anak seusia fajar ini harusnya duduk manis dibangku sekolah mengenyam pendidikan mengingat usianya yang masih 15 Tahun , apalagi kepiawaiannya dalam mengekspresikan kata-kata menjadi bakat yang perlu dibina lebih lanjut. 

Fenomena ini menarik perhatian semua pihak tidak terkecuali  seorang guru yang pada dasarnya mempunyai tanggung jawab moral untuk mendidik anak. Sama seperti fajar Guru juga adalah manusia biasa yang bisa merasakan kesedihan dan patah hati. Berikut beberapa patah hati seorang guru dan upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Patah Hati dengan Sikap dan perilaku Murid.

Dinamika yang terjadi di sekolah tentu tidak terlepas dari sikap dan perilaku murid. Seringkali guru menemukan perilaku yang menyimpang dari aturan dan tata tertib sekolah . Kejadian selalu berulang dan bahkan dilakukan oleh murid yang sama . Walaupun sudah diberikan bimbingan akan tetapi perilaku tersebut tetap berulang. 

Parahnya lagi perilaku yang menyimpang tersebut dapat mempengaruhi murid murid yang lain.  Maka dari itu ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan diatas.

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menggeser paradigma lama ke paradigma baru yaitu dari stimulus -respon ke Posisi Kontrol dengan menerapkan segitiga restitusi. Untuk memulainya guru dapat menerapkan disiplin positif dengan membuat keyakinan kelas. Keyakinan kelas ini dibuat lebih abstrak dari pada peraturan kelas yang memuat nilai nilai kebajikan universal.

Guru dapat meminta murid menuliskan berbagai pernyataan-pernyataan positif terkait dengan situasi yang terjadi di kelas ,hendaknya semua murid berpartisipasi dalam pembuatan keyakinan kelas lewat curah pendapat ,Sehingga semua pendapat murid dapat diakomodir dalam keyakinan kelas. 

Selanjutnya dalam penerapan disiplin positif guru dapat menggunakan posisi kontrol sebagai manajer dengan menggunakan segitiga restitusi.Restitusi adalah proses menciptakan kondisi bagi murid untuk memperbaiki kesalahan mereka, sehingga mereka bisa kembali pada kelompok mereka, dengan karakter yang lebih kuat (Gossen; 2004). 

Ada tiga langkah restitusi yang dapat dilakukan oleh guru yang pertama menstabilkan identitas, dalam hal ini guru harus memahami  bahwa setiap perilaku pasti didasari oleh kebutuhan dasar manusia yang belum terpenuhi. 

Oleh karena guru harus mampu menstabilkan identitas murid dari yang gagal menjadi identitas sukses.Kemudian yang kedua memvalidasi tindakan salah, dalam hal ini guru harus mulai meyakinkan murid bahwa apa yang dilakukan itu perlu diperbaiki dan mengarahkan murid untuk menemukan sendiri solusi atas masalah yang dihadapi. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline