Lihat ke Halaman Asli

Salbetta Sihombing

Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangkaraya

Analisis Kepuasan Penggunaan Fasilitas dan Pelayanan Gedung Merah Putih Universitas Palangkaraya

Diperbarui: 26 April 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya

    Permasalahan pada analisis ini yaitu belum menemukan pengaruh fasilitas dan pelayanan Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya terhadap kepuasan mahasiswa UPR. Tujuan penelitian ini adalah untuk diketahuimya pengaruh kepuasan mahasiswa terhadap kualitas fasilitas dan pelayanan di Universitas Palangka Raya (UPR). 

   Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa tiga fakultas UPR yaitu Fakultas Ekonomi (FEB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH) pada bulan Maret-April 2023 sebagai responden. Sampel diambil dari 110 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh UPR.

     Penelitian ini mengukur kepuasan mahasiswa Universitas Palangka Raya terhadap fasilitas Gedung Merah Putih dengan menggunakan metode sederhana dan pengumpulan data sebagai metode penelitian, dan hasil fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran mahasiswa/ Universitas Palangka Raya.

    Acuan keberhasilan universitas dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kinerja universitas dan administrasi pendidikan. Sebuah universitas dianggap berkualitas tinggi, sehingga harus menawarkan yang terbaik kepada mahasiswanya, terutama dalam hal fasilitas dan layanan.

Ruang-ruang yang menunjang kegiatan belajar siswa sangat penting karena memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran yang dipelajarinya. Yang dimaksud dengan fasilitas disini adalah semua kebutuhan yang dibutuhkan siswa untuk memperlancar, memperlancar dan menunjang kegiatan pembelajaran di kelas, mereka merasa puas dengan fasilitas yang diberikan jika fasilitas yang diberikan dapat mendukung sistem pembelajarannya. (Pidekso,2009)

     Pelayanan yang baik merupakan syarat agar mahasiswa  merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan. Pelayanan yang baik menimbulkan kesan positif untuk setiap mahasiswa. Meskipun pentingnya layanan, masih ada mahsiswa beberapa universitas mengeluhkan layanan yang mereka terima sangat kurang. Tindakan diambil hanya  tanpa mengubah kebijakan dan  praktik manajemen yang sehat akan menjadi lebih relevan.

     Metode penelitian yang dapat digunakan untuk meneliti kepuasan mahasiswa menggunakan fasilitas gedung Merah Putih Universitas Palangkaraya dapat dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

     Pendekatan kuantitatif dapat dilaksanakan dengan menjalankan survei online atau kuesioner terstruktur yang dibagikan kepada mahasiswa di Universitas Palangkaraya. Kuesioner dapat meliputi pertanyaan tentang kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas gedung, seperti kebersihan dan kenyamanan ruangan, ketersediaan fasilitas, kualitas bangunan, dan pelayanan dari staf atau petugas gedung.

     Pendekatan kualitatif dapat dilakukan dengan menjalankan kusioner kepada beberapa mahasiswa. Kusioner dilakukan dengan menggunakan pertanyaan tentang nilai kepuasan fasilitras dan lkayanan di gedung merah putih UPR .Selain itu, observasi juga dapat dilakukan untuk memperoleh gambaran langsung tentang fasilitas gedung Merah Putih Universitas Palangkaraya.

     Mahasiswa UPR yang terdiri dari 3 fakultas, total 110 mahasiswa dijadikan sasaran penelitian. Sampel terdiri dari 110 responden dan mahasiswa UPR yang aktif dalam penelitian ini dari tahun ajaran 2022/2023.

Nilai Rata-rata penggunaan Fasilitas Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya dikutip dari data responden dari 3 fakultas sebanyak 110 Mahasiswa/i adalah  77,24

Nilai Rata-rata Pelayanan Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya dikutip dari data responden dari 3 fakultas sebanyak 110 Mahasiswa/i  adalah  78,40

Analisis Data menggunakan Eviews

Rumus:

Estimation Command:

=========================

LS FASILITAS C PELAYANAN

Estimation Equation:

=========================

FASILITAS = C(1) + C(2)*PELAYANAN

Substituted Coefficients:

=========================

FASILITAS = 66.115639507 + 0.141945467158*PELAYANAN


Data menggunakan Eviews

Analisis Data menggunakan Histogram

  • Jurusan Manajemen

Jurusan Manajemen

  • Jurusan Ilmu Pemerintahan

    Jurusan Ilmu Pemerintahan


  • Jurusan Ilmu Hukum      

Jurusan Ilmu Hukum

      Berdasarkan hasil penelitian dan analisis kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan layanan gedung kampus, dapat disimpulkan bahwa fasilitas dan layanan gedung ruang kuliah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa di perguruan tinggi terhadap layanan akademik. Furnitur gedung ruang kuliah yang lengkap dan memadai dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik yang diberikan.

     Studi ini menunjukkan kepuasan mahasiswa sebagai aktor kunci dan layanan akademik merupakan proses inti dalam pendidikan tinggi. Karena, penelitian ini menjadi sangat penting demi tercapainya pendidikan dengan layanan yang berkualitas.

     Dalam rangka meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan gedung kampus, perlu dilakukan analisis dengan menjalankan kusioner dengan itu akan diketahui tingkat kepuasan penggunhaan fasilitas dan pelayanan di Gedung merah Putih Universitas Palangka Raya kebutuhan dan keinginan mahasiswa terhadap fasilitas gedung perkuliahan.

     Beberapa saran yang dapat diberikan dalam melakukan analisis kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan gedung kampus .

Data yang didapatkan melalui penyebaran Kusioner terhadap Mahasiswa dan diolah menggunakan analisis deskriptif.

Hasil analisis dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas fasilitas dan pelayanan Gedung Merah Putih Universitas Palangka Raya.

Hasil analisis juga dapat digunakan untuk membuat rekomendasi perbaikan fasilitas gedung kampus yang dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa.

      Selain itu, penting untuk diperhatikan bahwa kepuasan mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh fasilitas gedung kampus, tetapi juga oleh faktor lain seperti pelayanan dosen dan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, dalam menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas dan pelayanan gedung kampus, faktor lain yang mempengaruhi juga harus diperhatikan. Kepuasan mahasiswa secara keseluruhan. Dalam melakukan evaluasi dan perbaikan fasilitas dan pelayan gedung kampus, perlu juga mempertimbangkan anggaran yang tersedia dan prioritas perbaikan yang perlu dilakukan.


Tugas Kelompok 3

Dosen Pengampu     : Puput Iswandyah Raysharie,  S.E., M.E.

Ketua Kelompok       : Salbetta Sihombing

Anggota Kelompok  : 

  • Agung Dwi Riyanto
  • Astrid
  • Heni Dea Simanjuntak
  • Fattima Azzahra
  • Mufrida Saupiah
  • Nur Choerunisa
  • Raymundus Alfredo Kristanto
  • Valentino Gabe Sitanggang                   

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline