Lihat ke Halaman Asli

Sakti Aji Lesmana

Program Studi Teknik Industri/ Universitas Mercu Buana

Implementasi Total Preventive Maintenance untuk Meningkatkan Produktivitas

Diperbarui: 13 Juli 2023   17:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penjelasan Materi Pelatihan  (Sumber: Dokumen Pribadi) 

Kegiatan ini merupakan salah satu Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri, Universitas Mercu Buana, bekerja sama dengan PT. SNS sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi kabel serat optik untuk keperluan komunikasi internet di Indonesia. PT. SNS berada di kawasan pergudangan BIZPARK3 Bekasi.

Pelatihan karyawan pabrik kabel serat optic yang dilakukan oleh Program Studi Teknik Industri, Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan PT. SNS, tentang Total Preventive Maintenance (TPM) akan memberikan pemahaman dan keterampilan kepada karyawan mengenai konsep dan praktik TPM. TPM merupakan pendekatan holistik untuk memelihara dan meningkatkan kinerja peralatan produksi dengan melibatkan seluruh organisasi.

Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2023 di bekasi ini, membahas mengenai beberapa poin yang dapat termasuk dalam pelatihan TPM untuk karyawan pabrik kabel:

  • Pengenalan TPM: Memperkenalkan konsep dasar dan prinsip-prinsip TPM kepada karyawan. Ini meliputi pemahaman tentang pentingnya pemeliharaan preventif, mengidentifikasi kerugian produksi, dan bagaimana TPM dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
  • Pemeliharaan Perawatan Mandiri: Memberikan pemahaman kepada karyawan mengenai pentingnya tanggung jawab individu dalam pemeliharaan peralatan. Ini melibatkan pemeliharaan rutin, pemeriksaan visual, dan pelaporan masalah yang terkait dengan peralatan.
  • Perawatan Terencana: Menjelaskan pentingnya perawatan terencana dalam menjaga kinerja peralatan. Hal ini melibatkan perencanaan jadwal pemeliharaan, perbaikan kecil, dan pemeriksaan reguler untuk mencegah kerusakan atau kegagalan yang tak terduga.
  • Pemeliharaan Pencegahan Total (Total Productive Maintenance): Membahas konsep TPM yang melibatkan semua anggota tim produksi dalam perawatan dan perbaikan peralatan. Karyawan akan belajar bagaimana meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, bekerja sama dalam tim, dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan TPM.
  • Pengukuran Kinerja dan Pengendalian Kerugian: Memperkenalkan metode pengukuran kinerja peralatan dan bagaimana mengidentifikasi, mengukur, dan mengendalikan kerugian yang terjadi selama produksi. Karyawan akan diajarkan tentang OEE (Overall Equipment Effectiveness), downtime, kegagalan peralatan, dan cara meningkatkan efisiensi.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Membahas pentingnya siklus PDCA (Plan-Do-Check-Act) dalam perbaikan berkelanjutan dan pengoptimalan proses produksi. Karyawan akan diberikan keterampilan dan alat untuk mengidentifikasi masalah, menerapkan solusi, dan mengukur hasilnya.

Pelatihan Lapangan. (Sumber: Dokumen Pribadi)

Palatihan teori dilakukan oleh Dosen Universitas Mercu Buana Ibu Novera Elisa Triana ST., MT., serta Bapak Sakti Aji Lesmana ST., MMSI., selaku dosen yang memberikan pelatihan diarea produksi.

Selama pelatihan, pendekatan praktis seperti studi kasus, diskusi kelompok, dan simulasi perbaikan dapat digunakan untuk membantu karyawan memahami dan menerapkan konsep TPM dalam konteks pabrik kabel. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan karyawan dalam menjaga dan meningkatkan kinerja peralatan produksi secara preventif.

Pelatihan Teori Oleh Dosen Universitas Mercu Buana | Dokpri

Pelatihan Lapangan/Praktek oleh Dosen Universitas Mercu Buana | Dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline