Lihat ke Halaman Asli

Berdinamika dengan Tantangan Keanekaragaman Masyarakat Indonesia

Diperbarui: 18 September 2024   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara dengan beribu keanekaragaman di dalamnya, Masyarakat Indonesia tidak menjadi negara yang memiliki sikap individualisme dengan beraneka ragam suku,ras,agama,budaya dan bahasa nya. Uniknya dari keanekaragaman ini tercipta sebuah rasa persatuan yang sangat tinggi dengan sebuah semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya "Berbeda-beda tetapi tetap satu" di mana semboyan ini sangat menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia yang memiliki banyak keanekaragaman di dalamnya namun tetap menjadi satu bangsa Indonesia tanpa memudarkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Indonesia dengan segala keanekaragamannya tentu tidak akan lepas dari suatu konflik yang dapat memecah belah persatuan dan Kesatuan bangsa Indonesia sebagai tantangan dalam keanekaragamannya. Seperti saat ini, banyak nya kekerasan antar kelompok secara sporadis pada beberapa wilayah, konflik agama, ketimpangan ekonomi, sentimen regionalisme, isu separatisme, tantangan intoleransi dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan betapa rentannya rasa kebersamaan yang dibangun di Indonesia mengalami perpecahan, betapa rendahnya rasa empati untuk saling mengerti antar kelompok, di mana apabila hal ini terus terjadi tanpa ada suatu penanggulangan maka kita akan tahu bagaimana nasib bangsa Indonesia dikemudian hari. Apakah kita akan terus berdiam diri dan acuh terhadap suatu hal yang dapat mengancam rasa persatuan, kesatuan dan kedamaian negara kita sendiri? sebagai warga negara seharusnya kita memiliki kepemahaman yang kuat akan wawasan persatuan dan kebangsaan, memiliki pemahaman yang mendalam akan multikulturalisme. Apa itu multikulturalisme? multikulturalisme adalah paham tentang keragaman budaya, menurut t Ahmad F. Syaifuddin (2006) multikulturalisme adalah suatu pemahaman dan cara pandang yang menekankan interaksi dengan memperhatikan keberadaan setiap kebudayaan sebagai entitas yang memiliki hak-hak yang setara. Pemahaman ini sangat dibutuhkan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, tak melihat generasi tua atau muda, laki laki atau perempuan, seluruh komponen negara harus memiliki kesadaran dan terlibat langsung dalam menciptakan dinamika persatuan dan kebangsaan, berdinamika adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam menjaga persatuan dan mempertahankan kesejahteraan yang di usahakan dengan penuh perjuangan oleh para pahlawan demi mencapai sebuah kemerdekaan pada tahun 1945 tahun silam.
Upaya yang dapat dilakukan untuk tetap berdinamika menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam banyak keanekaragaman juga tantangannya adalah sebagai berikut:
1.Menjaga toleransi dan menghormati perbedaan antar kelompok
2.Menghindari diskriminasi antar kelompok
3.Menambah wawasan persatuan, kesatuan dan kebudayaan
 4.Memperkuat nilai kebersamaan
5.Menerapkan semboyan Bhinneka Tunggal Ika
Dari poin di atas apabila dilakukan dan diterapkan dengan baik maka masyarakat Indonesia akan terus berada pada kesejahteraan, kedamaian dari rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, tak hanya dengan 5 cara di atas tentu masih banyak upaya lain yang dapat dilakukan untuk menjaga integritas bangsa Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline