Lihat ke Halaman Asli

Sakinah Sakinah

Mahasiswi, sastra indonesia

Bahasa Gaul dan Anak Muda Zaman Sekarang

Diperbarui: 6 Juli 2023   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa adalah suatu symbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia, serta melalui tahap-tahap tertentu sebelum sebuah Bahasa itu diucapkan dan dipahami tahapan itu meliputi tahapan Linguistik dimana pada tahap ini terjadi di otak dan memilih kata apa yang hendak disampaikan.

Tahap kedua adalah tahap Fisiologis dimana pada tahap ini kata yang tadi dipilih di otak di keluarkan atau diucapkan, tahap ketiga adalah tahap akustik dimana pada tahap ini si pembicara menyampaikan kata yang tadi kepada si pendengar melalui gelombang angin, tahap keempat adalah tahap auditoris pada tahap ini si pendengar sudah bisa mendengar dan sudah paham apa yang diucapkan si pembicara, terakhir adalah tahap linguistik pada tahap ini antara si pembicara dan si pendengar sudah sama-sama paham.

Salah satu fungsi Bahasa adalah sebagai alat komunikasi untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama di dalam kehidupan bermasyarakat.

Anak zaman sekarang, khusunya di Indonesia mereka banyak mengubah Bahasa Indonesia dari bentuk aslinya ke Bahasa yang lebih dapat dimengerti dalam suatu komunitas dan mengikuti trent dan Bahasa ini disebut Bahasa gaul.

Bahasa gaul adalah Bahasa yang sangat erat hubungannya dengan anak remaja mengapa?

Karena Bahasa gaul lebih banyak digunakan oleh para remaja saat ini dan Bahasa gaul juga lebih dapat mempermudah seorang penutur mengerti apa yang diucapkan komunitasnya. Contoh Bahasa gaul yang sering kita dengar saat ini adalah Mager, Kuy, Sabi, Gc, Santuy dan baper.

Ternyata penggunaan Bahasa gaul juga tidak hanya terjadi atau terlihat di lingkungan sosial saja. Banyak kita temui pada media sosial seperti Whatshap, Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial lainnya dan hampir seluruh remaja menggunakan Bahasa gaul.

Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya Story-story anak remaja yang dominan menggunakan Bahasa gaul. Contoh story-story itu diantaranya. Mager banget cuk mau keluar geh, Sabi kaliya kalo sama dia kesini.

Contoh diatas sudah sangat menjadi bukti yang nyata bahwa Bahasa gaul lebih diutamakan dan diprioritaskan oleh anak muda sekarang di bandingkan dengan penggunaan Bahasa Indonesia  yang sesuai dengan konteks kebahasaan dan ejaan. Walaupun seperti itu Bahasa gaul yang sedang menjadi tren sekarang ini hanya digunakan dan diucapakan Ketika mereka berkomunikasi dengan teman sebayanya, tujuan nya adalah untuk mempererat hubungan dalam berinteraksi dan berkomunikasi, selain itu Bahasa gaul juga hanya digunakan sebagai alat berkomunikasi dengan teman yang mempunyai tingkat keakraban yang tinggi, dengan kata lain bisa disebut sudah kenal sangat lama. 

Tapi jika mereka sedang mengobrol dengan seseorang yang tingkat usianya lebih tinggi dari mereka, maka mereka menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan santun.

Bahasa gaul yang sedang marak digunakan sekarang adalah seperti kata Mager yang pada artinya memiliki kepanjangan malas gerak, selain itu Bahasa gaul yang sedang marak digunakan sekarang adalah Kuy yang memiliki arti Ayo. Dari contoh ini sudah jelas sangat melanggar kaidah Bahasa Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline