Lihat ke Halaman Asli

Sakhi Rahman Rahim

Mahasiswa Sosiologi FIS UNJ

Analisis Pembangunan Sosial di Era Globalisasi: Studi Kasus Dampak Pembangunan Stadion Pakansari terhadap Masyarakat Sekitar Stadion

Diperbarui: 25 Oktober 2022   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Sakhi Rahman Rahim

Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta

sakhi6690@gmail.com

Pendahuluan

Dalam dunia olahraga, sepak bola menjadi salah satu olahraga favorit masyarakat baik internasional maupun nasional. Indonesia merupakan salah satu negara dengan penggemar sepak bola yang cukup besar. Melihat tingginya antusiasme masyarakat, pemerintah mendukung hal itu dengan membangun stadion sepak bola di berbagai tempat di Indonesia salah satunya adalah Stadion Pakansari yang terletak di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Adanya pembangunan stadion ini menjadi bukti pemerintah mendukung olahraga Indonesia khususnya di sepak bola.

Pembangunan Stadion Pakansari ini dimulai dari tahun 1996 karena Kabupaten Bogor dipilih menjadi tuan rumah Porda ke VI tahun 1999. Akibat adanya krisis moneter sekitar tahun 1998, pembangunan stadion ini pun tertunda. Pembangunan dimulai kembali pada tahun 2012 oleh Bupati Bogor Ahmad Yasin dan selesai pada tahun 2014. Dan stadion ini masih terus beroperasi hingga sekarang tulisan ini dibuat.

Pembangunan stadion ini ditujukan pemerintah untuk memberikan ruang bagi mereka penggemar olahraga dan sepak bola. Stadion Pakansari juga menjadi tempat rekreasi masyarakat setempat. Mereka datang dengan tujuan mereka masing-masing seperti untuk berolahraga, jalan-jalan, berkuliner, berkumpul, dan lain sebagainya. Selain itu, pembangunan ini berdampak pada perekonomian masyarakat setempat karena banyaknya orang yang datang ke Stadion Pakansari. Meningkatnya pendapatan pedagang sekitar Stadion Pakansari dibanding pendapatan mereka sebelum stadion dibangun, menjadi salah satu bukti bahwa pembangunan ini berdampak positif bagi masyarakat.

Stadion Pakansari seringkali digunakan untuk pertandingan-pertandingan sepakbola lokal maupun mancanegara. Seperti Piala AFF 2016, Pesta Olahraga Asia 2018, Kejuaraan Piala Asia 2019, dan lain sebagainya. Pertandingan-pertandingan tersebut tidak hanya menarik perhatian masyarakat Indonesia, namun orang-orang luar negeri pun melirik pertandingan tersebut hingga banyak dari mereka yang rela datang ke Pakansari demi menonton pertandingan itu.

Bagian Temuan

1. Pembangunan Stadion Pakansari

Stadion Pakansari merupakan stadion sepakbola serba guna yang terletak di Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Stadion yang mampu menampung 30.0000 penonton ini, mulai dibangun pada tahun 1996. Salah satu alasan dimulainya pembangunan stadion ini dikarenakan Kabupaten Bogor dipilih sebagai tuan rumah pada Porda ke-VI tahun 1999. Pembangunan stadion ini sempat tertunda akibat terjadinya krisis moneter sekitar tahun 1998. Lalu pada tahun 2012, pembangunan stadion ini dimulai kembali oleh Bupati Bogor pada saat itu yaitu Ahmad Yasin. Pembangunan stadion selesai pada tahun 2014 dan diresmikan pada tahun 2016 oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline