Lihat ke Halaman Asli

Apa Itu Jurnalis Lepas atau Jurnalis Freelance?

Diperbarui: 6 Februari 2024   05:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Pendidikan Jurnalistik /dok. pri

Jurnalis adalah kegiatan menulis namun dengan adanya perkembangan era modern dikenalah jurnalis lepas .

Jurnalis lepas adalah jurnalis yang tidak terikat oleh perusahaan atau media tertentu namun tugasnya sama mencari dan menyusun berita sesuai kode etik jurnalis.

namun bedanya jurnalis yang terikat adalah yang ada dalam jajaran susunan media ,atau perusahaan dan sudah terikat kontrak .

Sementara jurnalis lepas tidak terikat kontrak ke salah satu media namun mereka tetap menulis diberbagai banyak media yang membutuhkan informasi berita ,opini dan jurnal .

Tentunya menjadi seorang jurnalis lepas harus memiliki skill dalam menulis dan mengirimkan tulisan sesuai SOP ke berbagai media yang membutuhkan informasi pemberitaan .

Banyak sekali media besar yang sudah menyediakan tempat untuk jurnalis freelance  baik media nasional atau  internasional yang membutuhkan informasi dari banyaknya jurnalis lepas sebagai  sumber pmberitaan besar di media tersebut 

Menjadi jurnalis lepas atau jurnalis independen jika dibekali ilmu kejurnalisan justru akan menjadi salah satu sumber pengahasilan dari sebuah karya yang ditulis mereka . 

Di era modern ini banyak sekali yang menjadi jurnalis lepas ,jurnalis independen atau jurnalis freelance karna kesejahteraan jurnalis itu sendiri .

Namun jadi jurnalis lepas juga bukan hal mudah karna tidak setiap tulisan kita diterima kecuali sudah ada kerjasama namun tidak terikat dengan waktu dan perusahaan .

Kebebasan inilah yang menjadikan jurnalis lepas menjadi lebih bebas menulis ,artikel ,opini atau berita 

Menulis itu adalah kegiatan hobi yang menjadi propesi jurnalistik .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline