Lihat ke Halaman Asli

Perkembangan Jurnalistik di Era Modern dan Perbedaannya

Diperbarui: 30 Januari 2024   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://aji.or.id/read/berita/1680/aksi-pengeroyokan-terhadap-jurnalis-tribunambon-ancam-kebebasan-pers.html

Jurnalis bisa menjadi Sekupannya kecil atau luas tergantung tugas penulisan mengolah ,menyusun penulisan dengan baik ,ada yang terikat ada juga yang bebas atau keduanya tergantung media itu sendiri.

Jurnalis bisa masuk ke satu lembaga yang terikat bisa disebut wartawan .

Jurnalis bebas berkarya dan banyak media yang bisa menampung tulisan dimanapun media itu ada ,selagi media itu menayangkan tulisan kita sesuai SOP yang diberikan ,

Penulis dan jurnalis itu sama hanya beda tugas dalam pnulisan ,penulis bisa menulis jurnal meskipun bukan wartawan ,namun penulis belum tentu terikat dengan kode etik yang terikat .

Jurnalis atau Wartawan lebih banyak menulis dengan tulisan tulisan jurnal,seperti tulisan berita dan lebih mudah dimengerti yang terikat pada satu lembaga media .

Jurnalis itu ada dua, jurnalis independen dan jurnalis yang terikat tapi tugasnya sama menayangkan pemberitaan ,

Jurnalis independen lebih merdeka menulis dibnyak media yang memperbolehkan para penulis mengirim berita kesalah satu media .,

Namun tidak terikat oleh media atau disebut cittyzen jurnalism atau partisipan.

Diera modern ini banyak partisipan penulis yang menjadi sumber jurnalis propesional yang di dapat dari warga sekitar yang suka menulis .

Dan itu menjadi salah satu perkembangan dari era perkembangan menulis bahkan media media besar banyak sekali dari para penulis partisipan yang konsisten menulis untuk membantu publikasi kejadian di wilayah wilayah yang tidak bisa di akses oleh wartawan yang jaraknya jauh .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline