Lihat ke Halaman Asli

Saira Urfah

mahasiswi

Menyapa Anak Pesisir Kabupaten Tuban

Diperbarui: 1 Februari 2022   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Menyapa kehidupan anak - anak pesisir di Kabupaten Tuban

Pertemuan pertama kami (KKM - DR UIN Malang Kelurahan Sidomulyo ) dan adek – adek bertempat di Balai Posyandu Kelurahan Sidomulyo. Balai ini berada tepat di tepi pantai dengan bangunan yang terbuka. Dengan dibarengi suara deburan ombak yang syahdu, pertemuan ini sungguh meriah. Mereka sangat antusias dengan kedatangan kami semua. Kami berkenalan satu sama lain, dengan diselingi dengan permainan yang asyik dan menarik. Tak lupa kami juga memberikan hadiah hadiah kecil untuk beberapa anak yang beruntung, agar suasana lebih hidup dan bersemangat.

Pertemuan selanjutnya, kami tempatkan di taman baca sekaligus TPQ yang juga berada di tepi pantai. Untuk pertemuan kali ini, kami sudah mempersiapkan bahan – bahan untuk membuat keterampilan dari botol bekas dan juga permainan – permainan edukasi yang menarik. Antusias mereka tidak surut, justru mereka lebih bersemangat. Tidak hanya mereka, ibu – ibu yang mendampingi anak nya yang masih kecil pun ikut bersemangat. Hal itu terlihat saat ibu – ibu ikut mengabadikan momen dan memberikan sorakan sorakan semangat untuk anak anak nya saat mereka mengikuti permainan sekaligus perlombaan yang kami adakan. Usia adek adek ini beragam, mulai dari 3 tahun hingga 12 tahun. Begitu pula dengan pendidikan mereka, mulai dari yang belum bersekolah hingga kelas 6 SD.

Selain itu, kami juga mengadakan bimbel (bimbingan belajar) yang dibuka untuk anak TK – SD. Bimbel ini kami sosialisakan melalui bapak dan ibu ketua rt. Selepas maghrib kami menunggu mereka di Balai Posyandu. Mereka datang dengan semangat. ada yang berangkat bersama teman – teman, ada juga yang diantar ibu nya. Kami membagi pembelajaran sesuai kelas. Kami berusaha membantu mereka dalam materi sekolah yang belum mereka pahami, terkadang juga membantu mereka untuk mengerjakan PR.

Kehidupan anak - anak pesisir sangatlah menarik untuk dikenali lebih lanjut, dan dibersamai untuk terus tumbuh.

Sehat selalu adek adek kami.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline