Lihat ke Halaman Asli

Saihur Roif

Pendidik

Ramadhan Mubarak; Menjaga Ilmu dan Amal Melalui Safari Ramadhan

Diperbarui: 8 Mei 2023   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia penuh berkah. Nilai ibadah dilipatgandakan di dalamnya. Di kesempatan hari ke 11 bulan Ramadhan 1444 H tahun 2023 kali ini MWC NU Kutorejo bersama-sama dengan jajaran Muspika Kutorejo menghadirkan giat Safari Ramadhan dari satu desa ke desa lain. Selama 17 hari atau ke 17 desa di wilayah Kecamatan Kutorejo.

Malam ini hari ke 11  atau Tarawih ke 12 Bulan Ramadhan ini, kegiatan Safari Ramadhan bertempat di Masjid Al Khusnah Dusun Mojoranu Desa Sawo Kecamatan Kutorejo Mojokerto dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Meskipun hujan rintik-rintik turun tetapi tak menyurutkan jamaah dan tim Safari Ramadhan Untuk melaksanakan agenda yang sudah ditentukan bersama.

whatsapp-image-2023-04-03-at-06-08-00-1-642a32e1a676557a931b4172.jpeg

Kegiatan diawali dengan melaksanakan shalat Isyak dan Tarawih berjamaah. Setelah shalat isya dan tarawih yang diimami oleh Bapak H. Misbahul ulum, M.Pd.I, seremonial giat dimulai dengan pembukaan oleh Tim MWC NU Kutorejo yang disampaikan oleh Ust. Khomsin, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Desa Sawo oleh Bapak Nur Kholis dan dilanjutkan dengan sambutan dari Muspika Kecamatan Kutorejo.

Dalam sambutan tersebut, beliau mengingatkan untuk semua jamaah terkait dengan keamanan warga dan kenyamanan dalam hidup bermasyarakat. Ini penting untuk saling menjaga kerukunan dan kebersamaan dalam bermasyarakat.Termasuk dalam hal ini menjelang dilaksanakan Pemilu 2024 agar masyarakat tidak mudah terprovokasi ataupun terombang-ambing apabila ada tawaran atau ajakan pihak tertentu.

Sebagai bentuk kemanfaatan lembaga dan implementasi keberkahan rizeki kepada sesama, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdhatul Ulama (LAZISNU) Kutorejo yang digawangi oleh H. Munadi mengupayakan anggaran dari para donatur untuk disalurkan kepada yang berhak menerima. Dalam kesempatan ini, disampaikan kepada 5 anak yatim setiap kali pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini di wilayah Kecamatan Kutorejo.

whatsapp-image-2023-04-02-at-20-52-43-642a48413788d4046d1c5272.jpeg

Sebagai bekal ilmu dalam mejelis kegiatan safari ramadhan ini adalah ceramah agama yang disampaikan oleh salah satu jajaran Syuriah MWC NU Kutorejo yang disampaikan oleh KH. Muzayyin. Dalam ceramah beliau selama sekitar 30 menit disampaikan tentang 3 bagian dari 10 hari pertama kedua dan ketiga. Penting bagi kita semua sebagai muslim untuk mendapatkan ketiganya, yakni sepuluh hari pertama sebagai rahmat dari Allah SWT., sepuluh hari kedua sebagai maghfirah, dan sepuluh hari terakhir sebagai pembebasan dari api neraka. Kebetulan saat ini sudah masuk tahap sepuluh hari kedua.

Selain itu, beliau juga menyampaikan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi, bahwa ada 4 golongan dirindukan surga. Pertama, orang yang membaca Al Quran. Yang Kedua, Menjaga lisan dari salah dan dosa. Yang ketiga, Orang yang  suka memberi makan orang lapar. Terakhir yang keempat, orang yang berpuasa di bulan Ramadhan.

Alhamdulillah, tepat pukul 21.00 WIB kegiatan Safari Ramadhan di Masjid Al-Husnah Dusun Mojoranu Desa Sawo ditutup  dengan doa.

whatsapp-image-2023-04-02-at-19-59-55-642a335a4addee43945ce122.jpeg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline