Lihat ke Halaman Asli

Haji Mabrur Akan Merubah Perilaku

Diperbarui: 25 Juni 2015   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Perjalanan panjang dari kutai Kartanegara menuju Mekkah al- muqorammah menunaikan ibadah haji tahun ini mulai berangkat tgl 21 September 2012, sungguh merupakan perjalanan yang sudah lama ditunggu-tunggu berbagai persiapan dilaksanakan baik persiapan fisik maupun mental.

Jumlah jemaah haji pada musim haji 1433 H/2012 M diperkirakan mencapai 1,8 juta orang dari berbagai negara ditambah 1 juta orang jemaah haji lokal. Untuk menyukseskan ritual haji itu pemerintah Saudi Arabia terus melakukan pembenahan, seperti perluasan area tawaf dan perluasan kompleks Masjidil Haram.

Bagi umat muslim cita-cita untuk menunaikan rukun Islam kelima ini merupakan harapan yang paling sakral, semoga mereka yang berangkat akan mendapatkan haji yang mabrur, sebab menjadi haji mabrur merupakan derajat haji yang paling mulia karena Allah sudah menjanjikan memberikan imbalan surga bagi mereka yang mendapatkannya oleh karena itu banyak orang yang berupaya semaksimal mungkin untuk mendapatkan pridikat 'mabrur' ini.

Selain itu Ibadah haji hanya satu kali diwajibkan sedangkan ibadah haji yang kedua, ketiga dan seterusnya dinilai sebagai ibadah sunnah.

Bagaimana kita mengetahui bahwa seseorang mendapatkan haji mabrur atau tidak ?

Konon seorang ustad saya tanyakan tentang haji mabrur ini mengatakan tidak ada ciri-ciri fisik yang menandakan seseorang dapat haji mambur ini.

Yang paling kelihatan adalah perilaku seseorang sebelum dan sesudah dia melaksanakan ibadah haji, artinya apakah ada perubahan perilaku  yang lebih baik  setelah melaksanakan ibadah haji ?

Semoga saudara-saudaraku yang berangkat menjalankan ibadah haji mendapatkan haji mabrur, dapat menjalankan ibadah dengan baik dan sepulangnya nanti Insya Allah menjadi orang yang dicintai keluarga, dicintai handai taulan karena akhlaq yang terpuji karena banyak menolong-bermanfaat bagi orang lain....Insya Allah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline