Lihat ke Halaman Asli

Saiful Hafid

Mahasiswa

KKN Tim II Undip Melakukan Penyuluhan Mitigasi Banjir kepada Warga Desa Kendalrejo

Diperbarui: 16 Agustus 2023   18:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program penyuluhan mitigasi benca banjir di balai desa (Dok. Pribadi)

Pemalang (03/08/2023) -- Banjir merupakan kondisi ketika air meluap dan melimpah dari sungai, danau, atau saluran drainase ke daerah yang biasanya tidak terendam air. Ini bisa terjadi akibat hujan yang sangat deras, salju yang cepat meleleh, atau kombinasi dari faktor-faktor tersebut. Banjir dapat terjadi di daerah perkotaan maupun pedesaan dan memiliki potensi merusak properti, infrastruktur, tanaman, serta menyebabkan gangguan signifikan bagi kehidupan manusia. Mitigasi banjir adalah serangkaian tindakan atau strategi yang diambil untuk mengurangi dampak banjir dan melindungi masyarakat serta infrastruktur dari bahaya banjir.

Poster mitigasi benca banjir (Dok. Pribadi)

Berdasarkan pengetahuan ini, KKN Tim II Undip melakukan penyuluhan mengenai bahaya banjir dengan tema "Mitigasi Bencana Banjir" kepada warga Desa Kendalrejo. Penyuluhan dilakukan dengan memaparkan jenis-jenis banjir dengan tujuan untuk mengetahui tindakan apa saja yang dapat dilakukan dalam mengurangi dampak dari bencana banjir. 

Mitigasi bencana banjir dapat dilakukan prabencana, saat bencana, dan pasca bencana. Kegiatan melibatkan anggota KKN Tim II Undip Desa Kendalrejo, anggota PKK, serta perangkat Desa Kendalrejo. Kegiatan ini diadakan berdasarkan program kerja yang sesuai dengan program studi yang telah disusun oleh Saiful Hafid dari Program Studi Ilmu Kelautan.

Penulis : Saiful Hafid - Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Dosen Pembimbing Lapangan : Dra. Retno Hestiningsih, M.Kes

Lokasi KKN : Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline