Lihat ke Halaman Asli

Mari Peduli Bahasa Negeri Sendiri (A1)

Diperbarui: 11 Mei 2022   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sungguh, kita sebagai bangsa Indonesia harus bersyukur memiliki bahasa Indonesia. Bahasa itu menjadi pemersatu kita dalam berkomunikasi dengan sesama bangsa Indonesia. Selain itu, juga berfungsi sebagai bahasa resmi atau bahasa nasional. Terakhir, juga sebagai lambang bahasa persatuan bangsa Indonesia.

Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika harus berkomunikasi dengan suku bangsa lain jika tidak ada bahasa Indonesia. Sebab, masing-masing suku bangsa di negeri kita ini memiliki bahasa daerahnya sendiri-sendiri. Unttungnya, sekali lagi untungnya, kita memiliki bahasa Indonesia yang bisa kita gunakan dalam berkomunikasi dengan saudara-saudara kita sebangsa.

Salah satu cara mensyukuri nikmat Tuhan berupa bahasa Indonesia ini adalah kita harus peduli dengan bahasa Indonesia. Misalnya, kita mau mengikuti perkembangannya minimal dua kali dalam setahun. Tepatnya, pada awal bulan Mei dan November. Mengapa? Karena kosakata bahasa kebanggan kita itu dimutakhirkan tiap akhir April dan penghujung Oktober dalam setahun.

Berkaitan dengan itu, berikut ini saya tampilkan kosakata KBBI Daring pemutakhiran akhir April 2022, huruf A, halaman 1/151. Alhamdulillah, saya sudah sortir pula sesuai jumlah hurufnya demi memenuhi kebutuhan para penikmat teka-teki silang harian Kompas.

Sortiran Jumlah Huruf Awal A, Halaman 1/151

KBBI Daring Pemutakhiran Terakhir April 2022

1 HURUF

a

A

a-

2 HURUF

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline