Lihat ke Halaman Asli

Saiful Kameli

Menulis Content Original, Copywriter Portal Berita, Blogger dan lain-lain.

Hal Terlarang Dilakukan Pada Mobil Matic

Diperbarui: 26 Juni 2023   22:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: otospector.co.id

Sebelum berkendara, pastikan mempelajari dahulu apa saja hal-hal yang dilarang dilakukan pada mobil matic. Kendaraan ini memang sudah menjadi favorit kebanyakan masyarakat. Akan tetapi penting mengendarainya dengan benar dan hati-hati agar tetap aman selama di jalan.

Ini Dia Hal-hal yang Dilarang Dilakukan pada Mobil Matic

Sebagai pengemudi pemula, pastikan Anda segera mempelajari apa saja hal yang dilarang dilakukan pada kendaraan jenis matic. Umumnya hal ini masih belum banyak orang ketahui. Oleh sebab itu, langsung saja perhatikan beberapa diantaranya pada penjelasan di bawah ini:

1. Memindahkan Transmisi Ketika Mobil Belum Berhenti

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lakukan saat mengendarai matic adalah memindahkan transmisi padahal mobil belum berhenti. Hal ini perlu diperhatikan walaupun saat sedang terburu-buru. Contohnya saja ketika ingin berjalan mundur ke arah belakang.

Apabila memindahkan transmisi dari "D" ke "R" padahal kondisi kendaraan belum berhenti, maka hanya akan menimbulkan bunyi kasar dari mobil tersebut. Tentu saja hal ini cukup fatal karena bisa saja membuat bagian gear menjadi keropos bahkan merusak sistem transmisinya sendiri.

2. Memindahkan ke Posisi "P" Ketika Belum Berhenti

Hal lain yang tidak boleh Anda lakukan adalah langsung memindahkan kendaraan dalam posisi "P" ketika belum berhenti secara total. Tentu perlu untuk menghindarinya. Pasalnya, aktivitas tersebut hanya akan menyebabkan kerusakan pada sistem transmisi mobil itu sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu memahami bahwa sebenarnya posisi "P" pada transmisi otomatis bukan termasuk sistem untuk mengerem kendaraan tersebut. Oleh sebab itu, jangan melakukannya dengan sembarangan. "P" sendiri berfungsi untuk mengunci ban dan mengerem memakai tangan.

3. Memindahkan Transmisi ke Posisi Netral Ketika Menurun

Ketika Anda melintasi jalan menurun, maka hindari memasukkan gigi atau memindahkan transmisi ke posisi netral. Beberapa orang memang menganggap hal ini dapat menghemat bahan bakar. Akan tetapi, justru dapat merusak sistem transmisi kendaraan matic tersebut.

Oleh sebab itu, pastikan menerapkan cara berkendara dengan benar. Hindari untuk memindahkan transmisi ke posisi tersebut padahal sedang melintasi jalan yang menurun. Hal ini demi keamanan berkendara agar lebih aman dan nyaman tanpa kendala.

4. Tidak Menetralkan Gigi Ketika Lampu Merah

Saat keadaan jalan sedang terlihat lampu merah atau dalam kondisi macet, maka ada baiknya Anda memindahkan transmisi dari "D" ke "N". Oleh sebab itu, jangan sampai tidak menetralkannya karena bisa menyebabkan hal-hal fatal dan merugikan. Hal ini juga akan merusak transmisinya.

Kebiasaan tidak menetralkan gigi saat ingin berhenti sebentar tersebut hanya akan menyebabkan umur penggunaan transmisi semakin pendek. Oleh sebab itu, hindari memilih tetap menginjak rem tuas padahal transmisinya masih ada di posisi "D".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline