Lihat ke Halaman Asli

UMM Adakan Workshop IoT untuk Menyongsong Era Industri 4.0

Diperbarui: 28 September 2019   17:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan Workshop IoT, Dokpri

Malang -- Jurusan teknik informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) bidang Sistem Komputer & jaringan (SKJ) Sebagai bentuk komitmen menyambut Era Industri 4.0 menyelenggarakan Workshopbertema i-IoT -- Gains Fundamental Knowledge to Prepare Industrial Era 4.0 pada Sabtu, 28 September 2019..

Dalam Revolusi Industri 4.0, semua aspek mulai dilakukan melalui sudut pandang otomatisasi. Banyak tugas-tugas yang dahulu dikerjakan manusia, perlahan mulai digantikan oleh tenaga mesin yang dapat dilakukan secara otomatis dan lebih cepat kinerjanya. Oleh karena itu, dalam mempersiapkan industri 4.0.

Menurut ketua pelaksana Fauzi Dwi Setiawan Sumadi, S.T., M.CompSc Tujuan utama diadakannya Workshop ini adalah untuk menciptakan generasi muda dengan kualitas daya saing tinggi yang adaptif terhadap perubahan yang sesuai dengan tuntutan era revolusi industri 4.0. di harapkan juga bisa mengimplementasikan hasil workshop untuk kebutuhan sehari-hari baik untuk smart home, smart farming, ataupun hanya sekedar mengontrol on/off lampu di rumah.

Salah satu Peserta yang sukses merakit IoT-nya, Dokpri

Workshop ini dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai elemen mulai dari pelajar dan guru SMK sederajat, Mahasiswa, dan Dosen dari berbagai perguruan tinggi. Kegiatan tersebut memberikan fasilitas berupa workshop kits terdiri dari (Wemos Mini d1, sensor (DHT11, LDR), relay 5v, project board, jumper cable). Selama kegiatan workshop, para peserta dikenalkan dengan Sistem Pengontrol Suhu Otomatis menggunakan aplikasi Blynk Apps dan Sistem Pengontrol Suhu Otomatis, dengan memmanfaatkan MQTT CLOUD  memungkinkan mengontrol dan memonitoring menggunakan handphone baik menggunakan system operasi Android maupun IOS.

Salah satu kelas Workshop IoT, Dokpri

Pewarta: Fajarisma
Penyunting : Syaifuddin
Foto: Rama




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline