Lihat ke Halaman Asli

Ramuan Alami Agar Cepat Tidur

Diperbarui: 25 September 2021   12:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ramuan Alami Agar Cepat Tidur-Tidur adalah kebutuhan untuk tubuh anda. Tapi masih banyak orang yang mengeluh susah tidur alias insomnia. Cara paling mudah untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengikuti arahan dokter,mengikuti terapi atau minum obat tidur. Namun, adakah pilihan obat tidur alami yang bisa mengatasi susah tidur ?

Obat tidur alami Untuk Atasi Insomnia

Terus-terusan susah tidur tidak hanya membuat mata mengantuk. Dalam jangka panjang, kekurangan tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari gampang sakit hingga rentan mengalami kecelakaan yang mungkin bisa mengancam keselamatan jiwa.

Dokter biasanya akan merekomendasikan Anda untuk melakukan terapi perilaku kognitif untuk mengatasi insomnia, minum pil tidur, atau suplemen yang mengandung melatonin.

Namun, ada cara lain yang mungkin bisa Anda pertimbangkan, yakni minum obat tidur alami (herbal), seperti berikut:

1.Akar Valerian

Akar valerian adalah tanaman herbal asal eropa dan sebagian wilayah asia. Sudah bertahun lamanya, akar valerian digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi gejala kecemasan kecemasan, depresi, menopause, hingga sulit tidur. Ya, bagi Anda penderita insomnia, obat herbal alami yang satu ini mungkin bisa membantu. 

Penelitian yang dimuat dalam  American Journal of Medicine menyatakan bahwa asupan valerian jangka pendek masih tergolong aman untuk dewasa.Dan  telah melaporkan bahwa dengan mengonsumsi 300-900 mg valerian sebelum tidur dapat memicu rasa kantuk lebih cepat, sekaligus meningkatkan kualitas tidur. Namun, semua hasil penelitian ini bergantung pada pengukuran obyektif yang dilakukan selama tidur, meliputi gelombang otak dan denyut jantung. Tetapi perlu anda ketahui akar valerian sebaiknya tidak ibu hamil dan menyusui konsumsi. 

Meski begitu, Anda perlu tahu efek samping dari obat tidur alami ini, seperti sakit kepala, pusing, dan gangguan pencernaan. 

2.Madu

Madu telah lama digunakan sebagai obat dari berbagai penyakit. Ini juga sangat baik untuk mengobati insomnia. Madu mengandung asam amino, triptofan yang dapat menginduksi tidur. Menurut penelitian, makan 1 sendok makan madu sebelum tidur dapat memperbaiki kualitas tidur.

3.Ekstrak Pala

Pala (Myristica fragan Haitt) merupakan rempah asli Indonesia. Sudah lama pala dikenal sebagai rempah-rempah penghasil minyak atsiri. Minyak ini merupakan salah satu bahan dasar dalam industri minuman dan kosmetik. Secara umum manfaat pala diambil dari kulit batang hingga daging buahnya. Pala digunakan untuk penguat rasa daripada manfaatnya bagi kesehatan. Pala ini mengandung ragam senyawa kuat yang dapat mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Manfaatnya untuk insomnia  dapat membantu seseorang dari masalah susah tidur atau insomnia. Hal tersebut lantaran buah pala memiliki efek menenangkan apabila dikonsumsi dalam dosis yang lebih kecil. Praktik pengobatan kuno telah menguji hal ini lantaran efeknya yang mampu menginduksi tidur dan menghilangkan stres. 

Selain untuk obat insomia pala juga bisa untuk mengatur tekanan darah,Menghilangkan rasa sakit, potensi anti kanker,menyehatkkan otak,dan bantu pencernaan.

Demikianlah beberapa tanaman herbal yang bermanfaat untuk atasi insomnia anda, Namun Kami sediakan solusi untuk mempermudah anda mengatasi insomnia tanpa perlu mengekstak pala,mencari akar valerian, dan mencari madu.

 MADU RESTFULL 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline