Lihat ke Halaman Asli

Insomnia, Madu Restfull Atasi Insomnia

Diperbarui: 16 Agustus 2021   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Insomnia adalah suatu kondisi ketika seseorang mengalami kesulitan tidur. Gangguan tidur ini tidak tidur ketika tubuh membutuhkan. Ini menyebabkan kondisi fisik orang dengan insomnia agar tidak cukup untuk melakukan kegiatan pada hari berikutnya.

Masalah ini dapat terjadi dalam jangka pendek (kronis). Selain itu, tidur adalah keadaan tidak sadar yang terjadi secara alami untuk membiarkan tubuh beristirahat. Ketika Anda tidur, tubuh akan melalui siklus alternatif antara gerakan tidur mata cepat dan tidur dengan gerakan non-mata dengan cepat.

Seseorang dapat melewati empat atau lima siklus tidur dalam satu malam. Siklus tidur berlangsung sekitar 90 menit. Siklus ini dimulai dengan empat langkah tidur non-rem, terdiri dari tidur ringan untuk tidur di dalam. Kemudian dilanjutkan dengan tidur rem dan tahap proses impian ini terjadi.

Faktor risiko untuk insomnia

Bahkan, insomnia dapat terjadi di semua pantai dan lebih rentan terhadap wanita daripada pria dan seseorang yang lansia. Beberapa faktor lain yang cenderung meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami masalah tidur ini, termasuk:

Masalah mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan stres pasca-trauma (PTSD).

Perubahan pekerjaan, pekerjaan ini dapat mengubah jam biologis tubuh.

Seks, ketika menstruasi tubuh menjalani perubahan hormonal, kondisi ini menyebabkan gejala hot flashes atau keringat di malam hari, menyebabkan gangguan tidur.

Usia, insomnia meningkat seiring bertambahnya usia.

Perjalanan jarak, ambil perjalanan panjang atau perbedaan waktu karena persimpangan zona waktu juga dapat memicu insomnia.

Selain itu, memiliki kondisi medis tertentu, seperti obesitas dan penyakit kardiovaskular, juga dapat menyebabkan insomnia. Waktu bulanan juga dapat menyebabkan gangguan yang membuat tidur ini sulit.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline