Lihat ke Halaman Asli

Peluang Sukses dari "Ikan Busuk"

Diperbarui: 18 Januari 2021   09:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ikan busuk

Author : Syarul Andreanto / @sahrul.andreanto, Mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Malang.

“Ikan Busuk” mempunyai banyak sekali arti maupun filosofi yang dapat kita tau seperti “Ikan busuk dimulai dari kepala” Dsb. Tetapi bukan itu yang penulis inginkan tetapi nilai apa yang kita dapat dari “Ikan Busuk” ini tentunya dari sisi positif. Karena penulis tau jika kita selalu menulis tentang sesuatu hal negatif itu tidak akan ada habis nya dan banyak mudharat nya, maka dari itu yuk kita lihat dari sisi positifnya.

Penulis akan berbagi pengalaman seseorang tentang “Ikan Busuk, Bisa Buat Anda Sukeses?”. Tunggu dulu ada pepatah “Don’t Judge by The Cover” Jangan berfikiran buruk dulu tentang judul dari kisah yang penulis buat diatas karena nanti pembaca akan paham sendiri arti yang penulis ketik diatas.

Disuatu ketika ada seorang pembisnis jual ikan yang bernama “A” beliau ini bisa dibilang mempunyai ide ide gila dalam bisnis ikan nya ini. Sehari hari nya beliau menjual beberapa kilo ikan dan suatu saat beliau mendapat pelanggan ibu ibu komplek yang sedikit cerewet dan beliau terbesit dipikiran nya untuk memasukan 1 ikan busuk kedalam jualan beliau lalu berkata “Apabila ada ikan busuk, saya akan mengganti ikan tersebut dengan 1 KG ikan Fresh” siang/sore hari ibu-ibu cerewet tadi balik ke beliau dan berkata bahwa ada ikan busuk 1 didalam keranjang nya dan ingin komplain dan meminta ganti rugi, sesuai yang diakatakan beliau tadi pagi akhirnya beliau mengganti ikan busuk itu 1 KG ikan fresh yang masih segar. Alhasil ibu-ibu cerewet itu bilang ke tetangga-tetangga nya untuk membeli ikan di beliau apabila ada yang busuk akan diganti 1 KG ikan fresh dan dagangan beliau selalu rame setiap hari.

Yang dapat kita ambil dari kisah diatas adalah tidak semua yang berhubungan dengan “Ikan Busuk” mempunyai pesan yang negatif ada juga yang positif dan dampak nya sangat signifikan tentunya untuk si “A”. Kisah diatas terinspirasi dari kisah Bambang Mustari Sadino (BOB Sadino)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline