Lihat ke Halaman Asli

Sahrul Akbar

Mahasiswa

Akhlak dalam Lingkungan Bekerja

Diperbarui: 4 Juli 2024   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SAHRUL AKBAR - Pentingnya Akhlak dalam Kehidupan Bermasyarakat, Terutama di Lingkungan Kerja

Akhlak dalam dunia kerja adalah kajian yang membahas pentingnya nilai-nilai moral dan etika sesuai dengan ajaran agama Islam. Akhlak menjadi dasar perilaku yang sesuai dengan standar etika dan moral di lingkungan kerja. Akhlak yang baik dapat meningkatkan kualitas kerja dan kepuasan, baik bagi pelanggan maupun atasan.

Bekerja dalam Islam

Dalam Islam, bekerja adalah kewajiban bagi setiap manusia. Dengan bekerja, seseorang dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dan terhindar dari meminta-minta, sehingga tidak menjadi beban bagi orang lain. Bekerja mencari nafkah digolongkan dalam fi sabilillah. Dari Ka'ab bin Umrah berkata, "Ada seseorang yang berjalan melalui tempat Rasulullah SAW. Orang itu sedang bekerja dengan sangat giat dan tangkas. Para sahabat lalu berkata, 'Ya Rasulullah, andaikata bekerja seperti dia dapat digolongkan fi sabilillah, alangkah baiknya.' Lalu Rasulullah bersabda, 'Jika ia bekerja untuk menghidupi anak-anaknya yang masih kecil, itu adalah fi sabilillah; Jika ia bekerja untuk membela kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia, itu adalah fi sabilillah; dan jika ia bekerja untuk kepentingan dirinya sendiri agar tidak meminta-minta, maka itu adalah fi sabilillah..." (HR. Thabrani)

Adab dan Etika dalam Bekerja

Bekerja dengan Ikhlas karena Allah SWT

Ini adalah landasan terpenting bagi seseorang yang bekerja. Bekerja bukan hanya untuk mencari uang, tetapi juga sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT.

Itqan (Sungguh-sungguh) dalam Bekerja

Sungguh-sungguh dalam bekerja berarti tidak menunda-nunda pekerjaan, tidak mengabaikan pekerjaan, dan mematuhi semua peraturan di lingkungan kerja. Jika dilakukan dengan baik, pekerjaan akan menjadi mudah dan terhindar dari hal-hal buruk.

Dalam sebuah Hadits, riwayat Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah SWT mencintai seorang hamba yang apabila ia bekerja, dia itqan (menyempurnakan) pekerjaannya." (HR. Thabrani)

Jujur dan Amanah

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline