Lihat ke Halaman Asli

Sahroha Lumbanraja

TERVERIFIKASI

Masih percaya dengan Cinta Sejati, Penggemar Marga T..

"Solo Traveling, Time to Discover Yourself!"

Diperbarui: 10 April 2016   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Ilustrasi - solo traveling (Shutterstock)"][/caption]Bertualang sendiri? Mengapa tidak? Mungkin akan terdengar aneh dan menakutkan bagi mereka yang belum pernah mencobanya. Ada ketakutan tersendiri yang muncul di benak beberapa orang jika harus bepergian tanpa orang lain yang dikenali. Sejumlah pertanyaan akan muncul ketika mereka membayangkannya, sebut saja keamanan di tempat tujuan hingga bagaimana jika tersesat sendirian? Belum lagi besarnya gengsi apabila di tengah perjalanan harus meminta tolong kepada orang asing. Ini sah-sah saja tentu tergantung individunya. Apalagi jika hanya liburan yang bersifat opsional, maka bukan suatu keharusan untuk melancong sendirian. 

[caption caption="Saat solo traveling ke Manila (doc)"]

[/caption]Namun di waktu tertentu, di saat kita diharuskan bepergian sendirian yang mana merupakan bagian dari tanggung jawab yang tidak boleh diabaikan, bagaimana? Yah, sebut saja urusan kantor yang mengharuskan Anda bepergian ke daerah lain sendirian? Apa akan selalu menolaknya? Atau kemudian akan mengajak sahabat dan keluarga turut serta hanya untuk menemani? Anda tentunya tidak ingin merepotkan orang lain untuk urusan kecil yang sebenarnya sederhana. Maka sebelum berpikir ke arah sana, mengapa tidak mencoba dan menikmati perjalanan sendirian Anda? Apa menariknya sih? BANYAK!

Pendekatan diri Sendiri

Melancong ke tempat asing sendirian artinya Anda tengah memberikan waktu yang sempurna untuk menikmati diri sendiri alias Me Time! Maka ini menjadi waktu yang tepat untuk berdamai dengan diri sendiri. Dalam hal ini, Anda akan dipaksa untuk bergumul dan mengeksplor segala kemampuan demi bertahan dan tiba di tempat tujuan. Ini pula saat yang tepat untuk diam sejenak dan merenungkan apa yang telah dilalui selama ini. Di sinilah Anda akan lebih mengenal diri sendiri lebih dalam, jika selama ini Anda tidak terlalu jujur dengan diri sendiri dikarenakan gengsi kepada sahabat atau keluarga. Maka saat melancong sendirian, Anda bebas untuk memunculkan jati diri yang asli, karena tidak akan ada yang mengenali! Discover yourself!

Ukur seberapa mandirikah Anda

Jika ingin mendapatkan hasil akurat tentang seberapa mandirikah Anda saat ini? Solo traveling bisa jadi alternatif, berlibur ke tempat wisata yang benar-benar belum pernah didatangi dan tidak ada kerabat di sana akan mengukur seberapa kuatkah Anda bertahan di sana. Bepergian sendirian berarti menjadi momen aktualisasi diri dan menjadi semacam tes pertanggungjawaban terhadap diri pribadi. Saatnya meninggalkan sisi melankolis selama ini. Jika sukses di tahap ini, mungkin Anda sudah qualified juga untuk menanggungjawabi orang lain (baca: pacar). Namun, jika menjaga diri sendiri saja tidak bisa, bagaimana menjaga orang lain?

Do what you want to do, WHATEVER it is!

Sebenarnya solo traveling bisa juga dijadikan waktu untuk mengapresiasi diri sendiri, dan semua orang butuh ini. Dengan bepergian sendirian, anda adalah satu-satunya orang yang empunya aturan. Anda bebas menentukan hendak kemana, makan apa, foto dimana, pulang jam berapa? Bahkan apakah perlu mandi selama liburan atau tidak usah. Hal-hal kecil seperti ini akan memberikan stimulasi positif bagi anda sendiri. Dengan bepergian sendirian anda tidak perlu segan untuk makan atau bahkan berdandan sekalipun. This is yours, only you, yourself! Saatnya mengeluarkan jati diri yang asli, barangkali hal-hal lucu yang ada di pikiran selama ini bisa terrealisasikan. Jadi mengapa tidak mencobanya?

Time to gain confidence

Di tempat asing, Anda akan bertemu orang-orang asing pula tentunya. Kurang lebih satu miliar penduduk bumi, maka ke mana pun Anda pergi pasti akan ada pula yang ditemui. Dan sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan. Saatnya memulai percakapan dengan orang asing, mau tidak mau, suka tidak suka. Sebab anda tidak akan mau tersesat di negeri orang. Saat hanya mengandalkan diri sendiri inilah stimulus percaya diri itu muncul, perlahan tapi pasti anda akan semakin berani dan bahkan jauh lebih percaya diri di saat melancong sendirian. Ketika kembali, perubahan ini tentunya positif bagi perkembangan Anda.

Menantang ketakutan

Sedemikian mengerikankah solo traveling itu? Mungkin itu hanya kedengarannya saja kawan, karena rasa takut sudah terlebih dahulu maju selangkah di depanmu. Maka saatnya mengambil langkah untuk menantang rasa takut selama ini, walau tempat asing tetap saja yang ditemui adalah manusia. Persoalannya kita belum mengenalnya dan bisa jadi kita bertemu dengan orang asing yang jahat. Tak ada jaminan orang asing yang kita temui baik atau ramah, namun bukankah karakter dasar semua manusia itu sama. Hanya saja perlu bijak dalam mempercayakan seseorang asing yang ditemui di perjalanan. Maka mengapa tidak mencoba? Barangkali si jomblo yang solo traveling menemui jodohnya di sana.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang didapatkan ketika memberanikan diri untuk bepergian sendirian. Selain untuk mengapresiasi diri sendiri, solo traveling juga akan melatih kita lebih kuat dalam menghadapi setiap masalah yang muncul, terlebih jika mengalami yang namanya sakit saat melancong. Namun, di saat-saat seperti ini akan tertanam di diri sendiri untuk menghadapinya dengan lebih tegar dan tidak melankolis. Solo traveling pun lebih memungkinkan untuk berhemat waktu maupun uang, karena kita hanya perlu menyesuaikan waktu sendiri dan keperluan sendiri. Berbeda bila bepergian bersama kerabat, kita harus mempertimbangkan banyak hal dan bisa jadi malah lebih boros karena terpengaruh orang lain.

[caption caption="Me Time! (doc)"]

[/caption]Namun perlu diingat, sebelum mencoba untuk melancong sendirian, kenalilah daerah yang ingin dikunjungi. Setidaknya tempat menginap dan jalur transportasi ke sana. Bersyukurlah, di zaman internet seperti sekarang ini tak ada yang tak bisa diketahui. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya sebelum berkunjung ke daerah asing. Ketika Anda sudah tahu tempat yang akan dituju dan paham caranya ke sana, apa masih patut memendam ketakutan untuk bepergian sendiri? Rasanya tidak, saatnya mengesplorasi diri sendiri dan menghadiahinya dengan melakukan apa saja yang selama ini diimpikan sendirian! Karena sebelum mencintai orang lain, Anda perlu mencintai diri terlebih dahulu. Sebelum mampu memperlakukan orang dengan baik, hargailah diri sendiri terlebih dahulu. Caranya? Solo traveling bisa jadi satu jawabannya!

Selamat melancong!

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline