Lihat ke Halaman Asli

Sahroha Lumbanraja

TERVERIFIKASI

Masih percaya dengan Cinta Sejati, Penggemar Marga T..

Inilah Soundtrak Film Terpopuler Saat Ini

Diperbarui: 12 Agustus 2015   05:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpaduan musik dengan film memang sudah sejak dulu ada di industry hiburan. Walau sebuah film mampu mengangkat sebuah cerita yang sangat menarik sekalipun, tidak lengkap rasanya jika tidak diiringi musik yang tepat untuk membuat adegan-demi adegannya lebih nyata. Peran musik dalam kesuksesan sebuah film memang tak dapat dianggap sebelah mata. Baik hanya berupa backsound, music scoring hingga lagu soundtrack, musik mampu membuat sebuah film semakin popular. Bahkan sebuah soundtrack film yang popular akan mampu mewakili identitas sebuah film. Sehingga Dengan mendengar lagu soundtraknya saja, seseorang langsung mengingat sebuah film bahkan adegan dalam film tersebut. Contohnya sebuah lagu ballad yang dibawakan oleh Celine Dion di tahun 1997 berjudul My Heart Will Go On. Lagu ini begitu kuat dan sangat popular hingga sekarang. Setiap mendengar lagu ini, kita pasti akan teringat dengan adegan Jack dan Rose di kapal pesiar saat beradu akting di film Titanic. Film Titanic menuai sukses besar dan menjadi film terlaris sepanjang masa hingga akhirnya posisinya digantikan oleh film Avatar di tahun 2009 hingga sekarang. Kesuksesan filmnya diikuti oleh soundtrack yang bahkan mengantarkan Celine Dion menjadi popular dan diakui sebagai salah satu diva dunia. Lagu tersebut juga menjadi salah satu lagu sepanjang zaman yang masih tetap bisa dinikmati hingga saat ini.Selain My Heart Will Go On, Celine Dion juga sukses membawakan soundtrack yang sangat popular untuk mengisi film Disney. Sebut saja, Beauty and the beast untuk film animasi berjudul sama.

Celine Dion bukan satu-satunya penyanyi yang sukses membawakan lagu-lagu soundtrack untuk film popular. Di era 1990-an banyak lagu soundtrack yang menjadi hits mengikuti kesuksesan filmnya. Diantaranya A Whole New World untuk film animasi Aladin yang dibawakan duet oleh Peabo Bryson dan Regina Belle di tahun 1992. Lalu ada band Aerosmith yang membawakan lagu I don’t wanna Miss A Thing untuk film Armageddon di tahun 1998. Bryan Adams juga membawakan hits Everything I do, I do It for You untuk film Robin Hood di tahun 1991. Dan tak ketinggalan lagu  I Will Always Love You yang dibawakan secara apik oleh Whitney Houston untuk film The Bodyguard di tahun 1992. Bersama My Heart Will Go On lagu ini bisa disebut menjadi dua lagu soundtrack paling popular hingga sekarang.

[caption caption="Adegan Ikonik di film Titanic, inagt lagu My Heart Will Go On? "]

[/caption]

Dengan banyaknya lagu soundtrack yang menjadi hits di era 1990-an bisa disimpulkan bahwa era tersebut menjadi masa keemasan bagi musisi-musisi yang beruntung dan dipercaya mengisi sebuah film. Namun seiring waktu, memasuki era 2000-an, tak banyak lagu soundtrack yang berhasil menembus chart musik hingga menjadi hits. Sehingga tak ada pula lagu yang mampu mengingatkan kita kembali dengan sebuah film saat mendengarnya. Kini setelah satu decade berlalu, tampaknya era keemasan lagu-lagu soundtrack mulai perlahan kembali diminati. Memasuki tahun 2010 hingga sekarang ini mulai bermunculan penyanyi-penyanyi pengisi soundtrack film yang sukses mengantarkan lagunya ke tangga lagu dunia dan menjadikannya hits yang tentunya berpengaruh juga dengan ketenaran film tersebut. Setelah Celine Dion dan Whitney Houston, siapa sajakah penyanyi dan lagu soundtrack yang berhasil menjadi hits di era ini?

 

  • Adele- Skyfall

Penyanyi Inggris, Adele memang sukses besar dengan albumnya bertajuk 21 yang dirilis di tahun 2011. Melalui album ini, Adele menelurkan berbagai hits seperti Someone Like You, Rolling in a deep, Rumour Has It dan berbagai single yang lainnya. Kesuksesan ini pula yang membuatnya dipercaya untuk membawakan soundtrack untuk film seri James Bond:Skyfall di tahun 2012. Dengan karakter suara Adele yang begitu kuat dan khas, lagu ini langsung melejit di Itunes dan chart Billboard. Bahkan lagu yang sama dengan judul filmnya inipun menjadi soundtrack pertama yang memenangkan hattrick tiga penghargaan besar yaitu Academy Awards, Brit Awards dan Golden Globes. Setiap mendengar lagu Skyfall ini, pecinta film pasti langsung mengingat aksi James Bond.

 

  • Pharell Williams-Happy

Film animasi yang lucu memang paling cocok diiringi musik berirama beat yang easy listening. Film Despicable Me yang dirilis tahun 2013 sukses mewujudkannya dengan menggandeng penyanyi Pharell Williams membawakan lagu berjudul Happy untuk membawakan soundtrack mengiringi aksi kocak makhluk kuning yang diberi nama Minions di film ini. Dengan soundtrack ini, Pharell sukses memuncaki chart billboard selama berminggu-minggu dan menjadikan lagu ini begitu popular di telinga pecinta musik. Walau sudah dua tahun, lagu ini masih enak didengar hingga sekarang. Tak hanya sukses secara komersil, Pharell juga dinominasikan untuk soundtrack terbaik di Academy Awards 2014 untuk lagu ini.

  • Idina Menzel/Demi Lovato-Let It Go

Di tahun 2013, Disney kembali unjuk gigi dengan merilis seri dongeng animasinya bertajuk Frozen. Bukan Disney namanya jika tidak menghadirkan soundtrack-soundtrak besar untuk mendukung dramatisasi tokoh-tokohnya yang ikonik. Di film ini pula Idina Menzel didapuk untuk menyanyikan soundtraknya berjudul Let It Go. Sebagai pengisi suara princess Elsa, Menzel langsung membawakan lagu ini menjadi hits dan disukai oleh semua umur. Versi lain yang dibuat oleh Demi Lovato juga tak kalah popular, kedua video dari penyanyi ini semakin membuat lagu Let It Go kian popular. Sukses soundtraknya diikuti oleh film Frozen yang begitu laris dan menjadi film animasi terlaris sepanjang masa hingga sekarang. Kini baik orang dewasa hingga anak-anak pasti langsung teringat Frozen  saat mendengar lagu Let It Go.  Atau bahkan mengira judul lagu tersebut adalah frozen?

 

  • Ellie Goulding-Love Me Like You Do

Film sensasional yang dinilai terlalu erotis, Fifty Shades of Grey memang diblok di berbagai Negara Asia termasuk Indonesia. Namun demikian soundtrack film ini tetap bisa terdengar di berbagai Negara dengan kemampuan olah vokal Ellie Goulding  yang dipercaya membawakan soundtrack berjudul love Me Like You Do dirilis di Januari 2015. Walau filmnya tidak lolos sensor di berbagai Negara tidak menjadi halangan berarti bagi popularitas soundtraknya. Buktinya Elie Goulding dengan lagunya sukses menjajaki chart di berbagai Negara hingga Billboard Hot 100. Lagu ini juga menjadi salah satu video paling banyak ditonton di Youtube dengan jumlah viewers yang mencapai lebih dari 500 juta. Hingga kini, lagu ini masih bergaung di radio-radio tanah air.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline