Lihat ke Halaman Asli

Sahroha Lumbanraja

TERVERIFIKASI

Masih percaya dengan Cinta Sejati, Penggemar Marga T..

NET TV Borong Nominasi Asian TV Awards 2014 di Usia dini

Diperbarui: 17 Juni 2015   16:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14169734561149505148

Salah satu Nominasi ATA 2014, (image by SC onscreenasia.com)

Jadwal acara televisi di Indonesia dewasa ini memang sangat variatif. Walaupun akhir-akhir ini dihiasi oleh berbagai program asing yang justru mendominasi beberapa stasiun televisi nasional, namun beberapa stasiun televisi mulai menunjukkan kreatifitas baru dengan program-program yang lebih menarik dan edukatif. Sebut saja Rajawali TV yang memulai debut Olimpiade Indonesia Cerdas untuk pelajar tingkat SMA se Indonesia dan disiarkan di televise tersebut. Kuis yang sarat dengan pelajaran ini menjadi salah satu acara televisi paling direkomendasikan untuk disaksikan.

Tak hanya RTV, Trans 7 dan KompasTv juga mulai memproduksi beragam acara yang tak sekedar hiburan, namun juga memiliki sisi edukasi yang memang layak untuk ditiru. Beberapa diantaranya adalah Si Bolang, on The Spot di trans 7 atau etalase, Three in One dan program news di Kompas Tv. Jika Kompas Tv (area Jabodetabek) dan Trans7 sudah terbilang pemain lama di industry pertelevisian tanah air, maka NET TV masih terbilang sangat baru di industry ini. Namun di usianya yang belum genap dua tahun, televise besutan Wishnutama ini terbukti sukses menyajikan berbagai program menarik yang sarat akan hiburan sehat. Tak heran berbagai program di NET TV memiliki cita rasa berbeda dengan tayangan televise lainnya. Berani tampil anti mainstream ternyata mampu membuat beragam program NET TV dihujani nominasi terbaik di Perhelatan Penghargaan Insan Televisi se Asia tahun ini.

Image by onscreenasia.com

Penghargaan bertajuk Asian Television Awards 2014 ini merupakan ajang tahunan yang memberikan apresiasi terhadap program-program televise terbaik se Asia. Proses seleksi diawali sejak bulan September untuk menyaring program televise terbaik tingkat Asia dan kemudian nominasi finalnya diumumkan November untuk kembali disaring dan pemenangnya diumumkan pada malam final pada 11 Desember 2014 di Marina Bay Sands, Singapura dan ditayangkan di Star World, Channel [V] da Fox. Melihat 30 kategori yang telah diumumkan, NET TV tampil memimpin berbagai nominasi dari Indonesia dengan mengoleksi 6 nominasi, disusul

Indosiar dan RCTI masing-masing satu nominasi. Suatu prestasi yang membanggakan bagi Net Tv di usianya yang masih terbilang ‘balita’. Adapun kategori tersebut adalah:

1.BEST COMEDY PROGRAMME:

a.Spouse For House (Singapore)

b.The Moody's Series 2 (Australia)

c.Gang Nom Klong (Little Big Gang) (Thailand)

d.Ini Talkshow (Net Tv/Indonesia)

e.The Noose Season 7 (Singapore)

f.Tetangga Masa gitu (net Tv/Indonesia)

2.BEST ENTERTAINMENT (ONE-OFF/ANNUAL)

a.Konser Raya Aks1 9emilang (indosiar/Indonesia)

b.NET. ONE Presents Indonesian Choice Awards (net Tv/Indonesia)

c.Anugerah MeleTOP Era (Malaysia)

d.MTV World Stage Live in Malaysia 2013 (Singapore)

e.Woolworths Carols in the Domain 2013 (Australia)

f.X Factor Around the World (RCTI/Indonesia)

3.BEST MUSIC PROGRAMME

a.Music Everywhere – Raisa (Net tv/Indonesia)

b.Konser Suara Untuk Negeri: Iwan Fals (Net tv/Indonesia)

c.Music Everywhere – Nidji (Net tv/Indonesia)

d.EBS Space Gong-Gam - ‘We Will Remember You Please, Tell Us’ (Korea)

e.Celebrity Battle (CHINA)

f.I Am A Singer 2 (China)

Lihat Nominasi lengkapnya di ATA 2014 Nominations

Logo ATA (Image by onscreenasia.com)

Adapun penentuan pemenang dari ajang ini dinilai berdasarkan penilaian dewan juri yang diwakili oleh pekerja profesinal di bidang pertelevisian se Asia. Mengutip dari situs official Asian Televison Awards, onscreenasia.com,

Determined by an expert panel of over 60 judges from across the region, the results are tabulated and audited by international auditing firm PriceWaterhouseCoopers, with the winners only announced during the Awards Ceremony and Gala Dinner in December”

Dengan sistem tabulasi dan audit tertutup oleh PriceWaterhouseCoopers,maka system penjurian akan lebih efektif dan fair.

Masuknya beberapa program acara NET TV di ajang penghargaan bergengsi ini memang terbilang mengejutkan bila mengingat debutnya yang masih sangat baru di wajah pertelevisian tanah air. Padahal masih banyak stasiun televise tanah air yang sudah berpuluh tahun mengudara malah belum pernah menjadi nominasi di ajang ini. Berbeda dengan ajang sejenis tingkat nasional yang juga digelar di Indonesia setiap tahunan yakni Panasonic Awards yang biasanya didominasi acara-acara MNC Group, di ajang Internasional ini justru hanya satu program RCTI yang masuk nominasi. Itupun di malam X Factor Around The World yang memang menghadirkan musisi dunia sekelas Paula Abdul dan Jawara X Factor US dan Australia. Cukup mengherankan.

Kini dengan hanya menjadi nominasi saja di ATA 2014, Net Tv seakan menjadi harapan baru bagu wajah pertelevisian Indonesia di mata Internasional. Saat berbagai program televise Indonesia semakin ‘menggila’ dan kehilangan arahnya, masih bersyukur ternyata masih ada stasiun televise yang konsisten menyiarkan tayangan yang benar-benar berkualitas dan menyajikan hiburan sehat. Semoga saja NET TV konsisten dan tidak tercemar akan permintaan pasar dan ‘ikut-ikutan’ dengan stasiun televise lain. Dan tentu saja semoga Televisi nasional lain mulai berbenah agar tayangannya layak dan patut dijadikan percontohan tak hanya di mata Indonesia tapi juga mempu bersaing di kancah internasional. Semoga saja! Salam Cerdas Menonton Televisi!

NB: Selamat atas Suksesnya Kompasianival 2014, semoga Kompasiana semakin luar biasa lagi ke depannya dan menjadi Media Warga Nomor 1 selalu. Selamat Juga teruntuk Bapak Tjiptadinata Effendi atas Kompasianer Of the Year, semoga senantiasa menjadi Inspirasi bagi semua Kompasianer seperti sedia kala. Selamat Ya Pak!

Artikel Lainnya:

Tetangga Masa Gitu, Sitkom Minimalis Komedi Fantastis

Music Everywhere, satu-satunya acara Murni Musik




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline