Lihat ke Halaman Asli

Sahroha Lumbanraja

TERVERIFIKASI

Masih percaya dengan Cinta Sejati, Penggemar Marga T..

Artis, Bulu yang 'Terpandang' di Operasi Zebra 2014

Diperbarui: 17 Juni 2015   14:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14189906521210375367

[caption id="attachment_384125" align="aligncenter" width="512" caption="Foto Selfie Kontroversi Aaron (Pic by Instagram Aronashab)"][/caption]

Mendekati penutupan tahun 2014 ini memang sangat banyak kejadian unik yang muncul ke media pemberitaan. Mulai dari proses melahirkan Ashanty yang menjadi tayangan live di televisi, aksi Ahmad Dhani yang memaki-maki maskapai Garuda Indonesia karena terbang tepat waktu dan ‘tega’ meninggalkan dirinya seorang yang datang terlambat. Dan baru-baru ini satu lagi berita konyol muncul ke permukaan. Adalah Aaron Ashab yang sukses menjadi pusat perhatian netizen karena ulahnya mengunggah foto selfie ke Instagram miliknya. Youtuber yang mendadak popular karena video-video parodinya yang ramai mengundang viewers ini biasanya selalu sukses mendapatkan atensi dari penjelajah Youtube. Video-videonya yang lucu dan cukup kreatif ini memang sanggup mengocok perut dan inilah kekuatan dia, hingga belakangan Aaron pun muncul di televisi. Jika biasanya video bahkan Foto-fotonya yang lucu mendapatkan likes dari netizen maka untuk foto selfie kali ini sukses menjadikannya bulan-bulanan yang dibully oleh netizen.

Pasalnya pria yang baru saja memulai karir di dunia showbiz Indonesia ini mengunggah sebuah foto selfie bersama teman yang memboncengnya di sepeda motor lengkap dengan sesosok polisi yang berdiri di dekatnya. Sekilas foto tersebut memang sangat biasa, melihat aparat negara sekarang sangat doyan selfie makanya banyak bermunculan polisi cantik di media. namun yang membuat foto ini menjadi kontroversial adalah Caption yang dibubuhkan Aaron.

"Kena tilang operasi Zebra/lilin. Semua bisa damai karena doi (polisi) tahu gue. 'kamu kan Aron Ashab' trus gw blg 'nah tuh bapak tau. Gimana saya mau pake helm pak, rusak jambul saya. Ga jadi Aron Ashab lagi ntar" akhirnya damai. Tanpa ngasi uang."

Keterangan singkat itu seakan menunjukkan kebanggaan Aaron yang akhirnya kebal hukum karena profesi keartisannya. Tak hanya menunjukkan keangkuhannya, Foto tersebutpun seakan langsung mematahkan pernyataan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono, yang saat memulai operasi Zebra menyebut tidak akan pandang bulu dalam menindak pelanggar lalulintas yang terjaring selama Operasi Zebra Jaya 2014 baca di Detik News. Walaupun belakangan bermunculan video ketegasan Polri dan TNI menindak para pelanggar lalu lintas di Youtube, namun aksi artis baru ini menjadi blunder bagi kinerja kepolisian. Padahal ini baru artis baru, gimana kalau artis sekelas Syahrini ya? Polisinya takut kali ya!

Kasus Aaron ini mungkin bukan yang pertama terjadi. Pasti masih banyak kasus serupa yang terlepas dari denda/tilang karena latar belakang. Siapa, anak siapa atau apa? Memang telah menjadi tradisi di negara kita hingga saat ini. Tak heran, pepatah Hukumtajam ke bawah dan tumpul ke atas itu sangatlah nyata. Dan jangan salahkan saya jika masih belum percaya akan kemurnian hukum, Peradilan hingga tes-tes CPNS atau pegawai negara sekalipun.

Kini Aaron memang telah menjadi objek olok-olokan netizen. Terlepas dari banyak yang mengatakan Dia bodoh, hikmahnya adalah peristiwa ini menjadi tamparan keras bagi Kepolisian yang bertugas di Operasi Zebra kali ini. Sebenarnya seberapa profesionalkah Polri dalam melakukan tugasnya? Ini patut dipertanyakan, bahkan Aaron yang selamat dari tilanganpun belakangan mengubah Caption Foto tersebut.

"kalau saya harus jadi korban karna ingin menunjukan ketidak-benaran hukum di Indonesia (dalam hal ini hukum jalanan), saya rela. #darkknight
tolong dibenahi ya bapak @irjokowidodo @ahok_btp
tulisnya.

Pembelaan yang ‘bijak’ ini seakan mencoba menepis opini netizen yang menyebutnya bodoh. Maka sesuai dengan Caption tersebut, mungkin Pak Joko Widodo perlu mengadakan inspeksi dadakan atau melakukan revolusi mental di Kepolisian dan segera membersihkannya dari ketidakprofesionalan. Penegak hukum harus benar-benar bekerja atas dasar Salah atau Benar, bukan atas dasar Siapa atau Anak Siapa?

Satu yang pasti, polisi yang membebaskan Doi pasti sudah menyesal. Jadi masih percaya dengan istilah Tak pandang Bulu? Kalau saya sih berfikir, Bulu yang mana dulu?.. wakakkkaaa…

Salam Keadilan!

Foto Selfie Aron Ashab Bareng Polisi Berbuah Hujatan




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline