Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswi KKN MBKM UNISA Membantu dalam Kegiatan Rutin Bulanan di Posyandu Melati Sembuhan Kidul

Diperbarui: 10 September 2023   05:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pada hari Senin, 14 Agustus 2023 pukul 10.00 WIB mahasiswa KKN UNISA MBKM 2023 kelompok 45 berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu Balita di Posyandu Melati Sembuhan Kidul, Sendangmulyo, Minggir yang bertempat di rumah Bapak Dukuh Sembuhan Kidul, dengan sasaran ibu-ibu hamil dan menyusui, bayi, serta balita. Jumlah sasaran yang hadir yaitu sekitar 9 balita dari 18 balita. Dalam kegiatan ini, dilakukan oleh 5 kader Posyandu Melati yang dibantu mahasiswa KKN MBKM Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta 2023 kelompok 45.

Kepanjangan dari Posyandu adalah "Pos Pelayanan Terpadu" yang bertujuan untuk memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak balita, dapat menyediakan layanan kesehatan dasar dalam satu tempat, serta memberikan penyuluhan dan informasi tentang pola makan dan kebersihan lingkungan. Layanan kesehatan yang mungkin dapat disediakan ketika posyandu meliputi pemeriksaan kesehatan rutin, pemberian imunisasi, penyuluhan kesehatan, layanan keluarga berencana, pemberian makanan tambahan, dan pengobatan sederhana. Oleh karena itu, penting sekali dalam pengadaan kegiatan rutin bulanan posyandu ini.

Di dalam posyandu terdapat banyak kegiatan yang dilakukan, seperti penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan, lingkar lengan atas (LiLA), hingga lingkar kepala, pencatatan hasil, konseling atau penyuluhan, dan pemberian makanan tambahan yang sudah disediakan oleh Puskesmas Minggir. Hal tersebut terdapat dalam istilah 5 meja posyandu yang dimulai dari meja pendaftaran, meja penimbangan dan pengukuran, meja pengisian KMS meja penyuluhan, dan Meja Sistem Informasi Posyandu (SIP). Melalui program ini masyarakat dapat memperoleh akses mudah dan terjangkau untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline