Lihat ke Halaman Asli

Peran Pembelajaran IPS Terpadu dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Diperbarui: 3 Juli 2024   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

file artikel jurnal triyanti_diva (1)

Perkembangan masyarakat di Indonesia semakin maju seiring berjalannya teknologi dan informasi dalam era globalisasi 5.0 ini. Perkembangan di era globalisasi juga membawa dampak positif maupun negatif yaitu lunturnya sifat karakter yang dimiliki oleh generasi muda (Marhayani, 2017). 

Pendidikan yang dulunya menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan seseorang, sekarang pendidikan hanya dianggap sebagai formalitas saja. Namun, di sisi lain masih banyak masyarakat yang menganggap pendidikan di era sekarang sebagai tombak atau pondasi dalam kehidupan sehari-hari. 

Karakter merupakan moralitas, kebenaran, kebaikan, kekuatan, dan sikap seseorang yang ditunjukkan kepada orang lain melalui tindakan. Baik ataupun buruk karakter siswa dapat tergambar dari moralitas yang dimiliki oleh diri siswa itu sendiri. 

Dari banyaknya karakter yang dimiliki oleh siswa, Pentingnya pembentukan pendidikan karakter yang ada dalam diri siswa juga sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU. No 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, Pasal 3 (dalam Marhayani, D.A. 2018:67) yang menjelaskan bahwa pendidikan Nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta perbedaan bangsa yang bermartabat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, serta bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Berikut Artikel mengenai Peran Pembelajaran IPS Terpadu dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.

file artikel jurnal triyanti_diva (2)

file artikel jurnal triyanti_diva (3)

file artikel jurnal triyanti_diva (4)

file artikel jurnal triyanti_diva (5)

file artikel jurnal triyanti_diva (6)

file artikel jurnal triyanti_diva (7)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline