Lihat ke Halaman Asli

Sahida Amalia

Communication Enthusiast

Mahasiswa President University Berprestasi Melalui Program Kampus Merdeka

Diperbarui: 9 November 2021   22:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Instagram @presuniv_international

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar yang disebut Kampus Merdeka. Kebijakan kampus merdeka memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk mengikuti program berupa kegiatan di luar kampus dalam rangka mendorong mahasiswa untuk mengembangkan soft skills maupun hard skills agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman dan menyiapkan lulusan yang unggul dan kompeten melalui pengalaman yang akan mereka dapatkan. Kegiatan tersebut dapat berupa magang atau praktik kerja di industri atau organisasi, wirausaha, studi independen, kampus mengajar, riset atau penelitian, pengabdian masyarakat, dan Indonesian Internasional Student Mobility Awards.

Indonesian Internasional Student Mobility Awards (IISMA) adalah beasiswa pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia melalui program pertukaran pelajar di universitas terkemuka di luar negeri. Mahasiswa dapat menghabiskan satu semester belajar di universitas mitra luar negeri. Biaya yang ditanggung pemerintah mencakup pendaftaran dan biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, tunjangan visa, asuransi kesehatan, dan tes PCR.

Dilansir dari kompas.com, lima mahasiswa President University berhasil mendapatkan beasiswa IISMA 2021 setelah melalui proses seleksi ketat yang diikuti 3.500 peserta dari seluruh universitas di Indonesia. Mahasiswa President University yang mendaftar program IISMA juga sebelumnya sudah melewati seleksi internal oleh kampus dan kemudian mendapat surat rekomendasi untuk melanjutkan seleksi program IISMA.

Kelima mahasiswa ini juga akan kuliah di universitas luar negeri yang berbeda. Lima mahasiswa Presuniv yang berhasil lolos seleksi beasiswa IISMA 2021 adalah:

  • Annisa Harovanta (Prodi Manajemen 2019) berhasil lolos ke National Taiwan University of Science and Technology (Taiwan)
  • Gede Made Danur Dharmahadi W (Prodi Manajemen 2019) berhasil lolos ke Varna University of Management (Bulgaria)
  • Ahda Ayudia Hairisa (Prodi Hubungan Internasional 2019) berhasil lolos ke University of Limerick (Irlandia)
  • Kadek Astri Dwijayanti (Prodi Hubungan Internasional 2019) berhasil lolos ke University of Warsaw (Polandia)
  • Felicia Limiardo (Prodi Teknologi Informasi 2019) berhasil lolos ke University of Edinburgh (Inggris)

Melalui program IISMA 2021, mereka diharapkan dapat memperluas wawasan dan perspektif internasional,  mengembangkan keterampilan dan kesadaran mengenai keragaman budaya, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dari universitas ternama di dunia, membangun jaringan internasional, dan sebagai persiapan yang mumpuni untuk memasuki dunia profesional.

Pemerintah Indonesia memberikan banyak sekali program pendidikan yang memfasilitasi mahasiswa Indonesia untuk terus aktif dan berprestasi di dalam maupun luar kampus. Maka dari itu, mahasiswa sebagai agent of change harus memanfaatkan kesempatan yang diberikan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia menjadi lebih baik lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline