Lihat ke Halaman Asli

Bupati Blora Arief Rahman Unggul di Hasil Survei CPI LSI

Diperbarui: 8 Agustus 2024   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Konferensi pers lembaga survei dan analisa Survei Elektabilitas Citra Publik Indonesia (CPI) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI

BLORA, -- Hasil survei dan analisa Survei Elektabilitas Citra Publik Indonesia (CPI) - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang disampaikan dalam konferensi pers di Omah Majapahit, Karangjati, Kabupaten Blora.

Survei yang dilakukan pada tanggal 15-20 Juli 2024, metode sampling yang digunakan dalam survei ini adalah metode multistage random sampling, dengan margin error -/+ 4,8%. Teknik pengambilan data dalam survei ini melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan responden. 

Responden dalam survei ini adalah pemilih yang memiliki hak politik 17 tahun keatas atau yang sudah menikah dipilih secara acak dan tersebar merata s

"Dalam survei kami menanyakan jika pemilihan kepala daerah dilangsungkan hari ini, siapa yang dipilih oleh responden," ucap Direktur CPI-LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, Rabu (7/8/2024). 

Lanjutnya, untuk tingkat elektabilitas tertutup ditemukan, Arief Rohman teratas diposisi pertama sebesar 61,4%, disusul posisi kedua Abu Nafi sebesar 7,7%. Prayogo Nugroho dan Tri Yulisetyowati memiliki angka yang sama sebesar, 2,5% di urutan ketiga, selanjutnya Aan Rochayanto dan Siswanto dengan angka yang sama diposisi keempat, sebesar 1,8%. Selebihnya kandidat yang memiliki elektabilitas dibawah 1,1%. Adapun swing voter tersisa sebesar 16,8%.

Alasan pemilih memilih Arief Rohman sebagai bupati dikarenakan pengalamannya dalam memerintah sebanyak 21,1%. Untuk Abu Nafi (32,4%), Prayogo Nugroho (36,3%) dan Tri Yulisetyowati (27,2%), ketiganya didominasi alasan memilih karena kepribadian kandidat.

Survei ini juga menguji simulasi tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati. Arief Rohman-Sri Setyorini unggul 64,3% melawan Tri Yuli Setyowati-Abu Nafi sebesar 7%, Prayogo Nugroho- Siswanto sebesar 5,2%, dan menyisakan swing voter 23,5%. Simulasi tiga pasang yang lainnya, Arief Rohman-Sri Setyorini sebesar 63,9% jika melawan M. Dasum-Abu Nafi sebesar 8,2%, Tri Yuli Setyowati-Siswanto sebesar 4,3%, dan yang belum menentukan pilihan 23,6%.

Tingkat elektabilitas Arief Rohman ini merata keunggulannya di berbagai segmen. Diantaranya yakni segmen gender; Arief Rohman unggul di pemilih laki-laki (63,2%) dan perempuan (59,5%). Di segmen umur; Arief Rohman unggul di semua pemilih, yakni 19 tahun kebawah (33,3%), pemilih 20-29 tahun (71,9%), pemilih 30-39 (63,1%), pemilih 40-49 tahun (55,8%) dan pemilih 50 tahun keatas (63%).

Selanjutnya, di segmen pendidikan, Arief Rohman mendominasi di semua level tingkat. pendidikan; pemilih lulus SD/Dibawahnya (57,8%), pemilih SLTP/Sederajat (61,3%), pemilih SLTA/Sederajat (67%) dan pemilih Pernah Kuliah/Diatasnya (77,3%). 

"Demikian juga di segmen pendapatan, Arief Rohman mengungguli kandidat lain, yakni, pemilih dibawah 1 Juta (60,1%), pemilih 1 Juta-1,9 Juta (63%) dan pemilih 2 Juta atau lebih (61,5%)," terangnya 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline