Lihat ke Halaman Asli

Saheeda Noor

ASN, penulis dan editor freelance

Tidak Ada Mobil Pribadi? 7 Tip Traveling dengan Kendaraan Umum Ini Bikin Acara Jalan-Jalan Tetap Asyik

Diperbarui: 1 Januari 2024   05:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Saheeda, dibuat dengan Canva

Setelah setahun bekerja keras, tidak ada salahnya menepi sejenak dari hiruk pikuk dunia kerja. Anda bisa mengambil cuti untuk melakukan traveling. Tidak harus pergi ke tempat yang jauh, yang penting bisa bergembira dan pikiran segar kembali. Tidak perlu bingung jika tidak ada mobil sendiri. Artikel ini memberikan tujuh tip untuk menikmati traveling dengan kendaraan umum.

Tip Menikmati Traveling dengan Kendaraan Umum

Alat transportasi umum makin beragam dan berkualitas. Dengan berbagai alasan, banyak orang telah memanfaatkannya untuk melakukan perjalanan. Anda pun bisa memilih moda transportasi yang pas untuk kebutuhan traveling yang direncanakan: travel, bus, kereta api, atau pesawat terbang.
Anda yang belum terbiasa menggunakan kendaraan umum mungkin bertanya, "Apakah saya bisa menikmati perjalanan dengan kendaraan umum?" Tentu bisa. Simak tipnya dalam ulasan di bawah ini.

1. Pilih Armada yang Paling Nyaman

Kendaraan umum biasanya berhenti di sebuah pemberhentian yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanannya harus diutamakan.

Masing-masing orang punya standar kenyamanan yang berbeda-beda. Namun, paling tidak, ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk traveling dengan kendaraan umum. Pertama, jarak dan waktu tempuh, Kedua, keterjangkauan lokasi yang dituju dari tempat pemberhentian kendaraan.

Ketiga, fasilitas yang diberikan, mulai dari tempat duduk hingga pengisian baterai ponsel. Ada baiknya, Anda lebih dahulu mencari rekomendasi armada yang paling oke sebelum memesan tiket keberangkatan.

2. Pilih Posisi Tempat Duduk di Dekat Jendela

Para penumpang di dalam kendaraan umum biasanya tidak saling mengenal. Mereka cenderung diam dan bertegur sapa untuk hal-hal penting saja, Anda yang suka mengobrol mungkin cepat bosan jika tidak menemukan teman duduk yang klop.

Dengan memilih tempat duduk di dekat jendela, Anda bisa melihat pemandangan di luar kendaraan dan menghilangkan rasa jenuh. Sayangnya, pemilihan tempat duduk sering tidak bisa dilakukan jika Anda membeli tiket mendadak.

3. Siapkan Perbekalan Seperlunya

Saat bepergian dengan kendaraan umum, Anda mungkin tidak bisa langsung turun di lokasi tujuan dan harus berganti kendaraan. Akan merepotkan jika harus mengurusi banyak barang bawaan, bukan

Pilih barang-barang yang penting dan seperlunya. Anda tidak perlu membawa rice cooker, misalnya, jika akan menginap di tempat yang sudah menyediakan sarapan. Anda juga tak perlu membawa high heel jika tidak ada momen kondangan. Intinya, jangan sampai acara traveling menjadi ribet karena perbekalan yang tidak penting.

4. Siapkan Obat Andalan

Jika belum terbiasa bepergian dengan kendaraan umum, seseorang mungkin akan merasa lebih capai. Mual, pusing, atau mabuk perjalanan bisa bikin stres dan emosional. Anda perlu mengantisipasinya dengan membawa obat-obatan pribadi andalan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline