Lihat ke Halaman Asli

Saheeda Noor

ASN, penulis dan editor freelance

Anti Gagal, Inilah 7 Tip Konsisten Menulis bagi Pemula

Diperbarui: 8 September 2023   13:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saheeda Noor, dibuat via canva.com

Seseorang menulis untuk berbagi ide kepada orang lain. Ada juga yang menekuni aktivitas ini untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, sebagian orang telah menjadikannya sebagai cara healing yang murah dan ampuh. Namun, banyak juga penulis pemula yang masih membutuhkan tip agar bisa konsisten menulis.

Tip Konsisten Menulis bagi Pemula

Aktivitas menulis sebetulnya bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari ibu rumah tangga hingga akademisi. Dengan kata lain, setiap orang dapat melahirkan sebuah tulisan. Namun, para pemula sering kali kehabisan ide sebelum tulisan selesai. Di kalangan penulis, kondisi ini sering disebut writer's block atau macet ide.

Writer's block akan menjadi hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika gairah menulis sedang tinggi. Kita bisa menghindarinya jika membiasakan diri untuk ajek menulis. Meskipun tidak mudah, mulailah dengan mempraktikkan 7 tip konsisten menulis bagi pemula berikut ini.

1. Membaca Tulisan Orang Lain

Saat membaca sebuah tulisan, kita mungkin pernah membatin kalau ide tulisan itu sebetulnya hal biasa yang bisa ditulis oleh siapa saja. Perasaan seperti ini kadang-kadang mendatangkan motivasi untuk mencoba menulis hal serupa, lo. Apalagi, ide-ide baru biasanya muncul saat kita menikmati tulisan tersebut.

2. Membawa Gawai atau Alat Tulis Lain saat Bepergian

Tip ini setengah wajib untuk dicoba, kecuali kita memiliki ingatan yang kuat. Bagi penulis spontan, tip ini juga sangat berguna untuk mengikat ide yang datangnya tiba-tiba. Dengan demikian, ide tersebut tidak hilang saat hendak ditulis. Jika lupa membawa bolpoin dan buku, cobalan memanfaatkan gawai, seperti telepon pintar.

3. Segera Menuliskan

Jika kondisi memungkinkan, segeralah menulis. Makin lama menundanya, makin sulit mengingat ide yang terus berseliweran. Jika waktu yang tersedia cukup singkat, cobalah menuangkan ide dalam bentuk kerangka yang berisi kisi-kisi bakal tulisan kita. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah menyelesaikannya menjadi naskah yang utuh.

4. Memanfaatkan Gawai

Alih-alih menyalahkan laptop yang rusak, misalnya, kita bisa menulis menggunakan telepon pintar atau tablet. Dengan teknologi informasi yang makin canggih, seharusnya kita makin mudah melakukan banyak hal, termasuk menulis. Banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kita menuangkan ide menjadi sebuah tulisan.

5. Memanfaatkan Waktu dalam Perjalanan

Berada dalam perjalanan seharusnya tidak menjadi alasan untuk absen menulis. Sekalipun perjalanan terasa membosankan, kita tetap harus menjalaninya, bukan? Dengan gawai atau alat tulis di tangan, kita bisa merekam, mencatat, atau memotret apa yang terjadi di sepanjang perjalanan. Hasilnya bisa menjadi tabungan ide, lo. Jika kebetulan menginap, cobalah mengeksekusinya menjadi naskah utuh di kamar penginapan.

6. Memanfaatkan Fitur Alarm dan Kalender pada Ponsel

Orang yang pelupa dan mudah memgantuk mungkin membutuhkan asisten yang ikhlas mengingatkan berkali-kali. Manfaatkan ponsel dan atur alarm pada ponsel agar kita bisa bangun untuk menulis. Manfaatkan juga fitur kalender untuk mencatat aktivitas yang harus diselesaikan atau deadline yang harus dipenuhi.

7. Mengatur Waktu Tidur

Aktivitas seseorang akan berpengaruh pada ritme kerja biologis dan waktu tidurnya. Dengan mengatur waktu tidur, kita bisa menyesuaikan jadwal aktivitas menulis. Jika kita bekerja seharian, misalnya, atur waktu agar quality time bersama keluarga tidak berlangsung hingga larut malam. Dengan demikian, kita punya waktu istirahat (tidur) yang cukup dan bisa mengalokasikan waktu khusus untuk menulis.

Membiasakan diri untuk ajek menulis memang tidak mudah, apalagi bagi penulis pemula. Namun, kita tetap bisa mengupakannya dengan mempratikkan 7 tip konsisten menulis di atas. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline