Lihat ke Halaman Asli

Pemasaran yang Tepat dalam Project Pencacah Plastik

Diperbarui: 3 Januari 2023   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sampah plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang penyelesaiaannya tak kunjung berakhir, karena ketergantungan manusia pada bahan plastik yang sangat mudah digunakan. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengurangi permasalahan plastik adalah pengolahan dengan mesin pencacah plastik. Dalam hal ini mahasiswa Teknik Industri UNTAG Surabaya melakukan project untuk membantu  dalam mengurangi permasalahan plastik dengan mengolah sampah plastik pada mesin pencacah.

Pada project mesin pencacah plastic marketing menjadi hal yang terpenting di antara bagian lainnya, ibarat perang marketing adalah pasukan terdepan dalam sebuah peperangan. Pada pengelolaan sampah yang dicacah, marketing menjadi salah satu divisi yang memiliki tugas penting dalam menentukan maju mundurnya sebuah bisnis. Namun meski demikian, divisi marketing tidak bisa berdiri sendiri, masih ada keterkaitan hubungan dengan divisi lain seperti bahan baku, produksi, sumber daya manusia, dan divisi keuangan.

  • JENIS PLASTIK DAN SIFATNYA

Dalam project ini kami menjual beberapa jenis plastik dengan beberapa sifat sebagai berikut :

  • LDPE : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat Lentur dan bahan jenis ini tidak boleh terkena paparan sinar matahari terus menerus
  • HDPE : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat keras, bahan jenis ini kuat terhadap paparan sinar dan tidak mudah pecah.
  • HD : Bahan dapat dikatakan bagus jika memiliki sifat lebih keras dari hdpe dan bahan jenis ini mudah pecah saat dicetak untuk produk tutup gallon
  • PET : Plastik ini mempunyai sifat ringan, kuat, transparan, dan hanya digunakan sekali saja, Kebanyakan digunakan untuk kemasan air botol.

 

  • STRATEGI

Strategi dalam melakukan promosi dengan mendatangi pabrik secara langsung telah kita lakukan di beberapa tempat Menurut kami promosi seperti ini lebih efektif karena kami dapat menjelaskan hasil cacahan plastic secara detail. Selain itu, ada juga strategi dengan cara memposting melalui social media salah satunya facebook, dengan membuat postingan yang menarik akan membuat para konsumen tertarik untuk membaca dan kemungkinan tinggi akan melakukan pembelian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline