Sejak adanya pandemi covid 19, membuat masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya di rumah dan memilih untuk melengkapi kebutuhan sehari – hari melalui belanja online agar terhindar dari penularan covid 19. Dengan memilih belanja online, artinya membuat mereka membutuhkan suatu jasa pengiriman barang.
Saat ini JNE menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman barang terbesar dengan jaringan terluas di Indonesia. JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, dengan memiliki kantor cabang di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Batam, Medan, Palembang, Cilegon, Bandar Lampung, Balikpapan, Banjarmasin, Surabaya, Pontianak, Kendari, Makassar, Denpasar. Perusahaan ini didirikan oleh Soeprapto Suparno pada tanggal 26 November 1990.
PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir memulai kegiatan usahanya berpusat pada kegiatan kebapeanan atau impor kirim barang atau dokumen serta pengantarnya dari luar negeri ke Indonesia. Lingkup bisnis yang di jalani oleh PT. TIKI JNE adalah pengiriman (courier), penyimpanan dan pendistribusian (logistic dan distribution ), transportasi (moving, trucking, air sea cargo), kebapean (costum clereance), penjemputan bandara (escort service), pengiriman uang (money transfer).
Adapun visi dan misi dari JNE sebagai berikut
Visi :
Menjadi Perusahaan Logistik Terdepan di Negeri Sendiri yang Berdaya Saing Global.
Misi :
Untuk Memberi Pengalaman Terbaik Kepada Pelanggan Secara Konsisten.
Product & services yang dimiliki oleh JNE yaitu JNE Express, JNE Logistic, JNE Freight
Salah satu keunggulan layanan JNE adalah tersedianya pilihan paket pengiriman sesuai dengan kebutuhan yaitu YES, Reguler, dan OKE.
YES adalah singkatan dari Yakin Esok Sampai, dimana JNE menjanjikan pengiriman paket akan sampai pada tempat tujuannya dalam waktu 24 jam.